ADVERTISEMENT

10 Fakta Jelang Chelsea Vs West Ham United

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 21 Des 2020 23:10 WIB
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 30:  Christian Pulisic of Chelsea runs with the ball during the Premier League match between Chelsea FC and West Ham United at Stamford Bridge on November 30, 2019 in London, United Kingdom. (Photo by Mike Hewitt/Getty Images)
10 fakta jelang duel Chelsea vs West Ham United dinihari nanti (Getty Images/Mike Hewitt)
London -

Chelsea akan coba bangkit dari hasil buruk saat menjamu West Ham United. Berikut 10 fakta jelang duel Chelsea vs West Ham United.

Chelsea melorot posisinya ke urutan keenam klasemen usai kemenangan Manchester United atas Leeds United dengan skor 6-2 dan Leicester City yang mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0.

Chelsea yang sempat bersaing di papan atas memang dalam tren buruk belakangan ini. Mereka tak pernah menang di tiga pertandingan beruntun, satu seri dan dua kalah.

Bahkan dua laga terakhir berujung kekalahan. Padahal Chelsea sempat mencatatkan rentetan laga tak terkalahkan mencapai sembilan laga. Sudah begitu ketajaman lini serang pun hilang.

Hakim Ziyech yang lagi on fire malah absen karena cedera dan Timo Werner sudah enam laga tanpa gol. Di saat kondisi seperti ini, West Ham datang menguji ke Stamford Bridge, Selasa (22/12/2020) dini hari WIB nanti. Mola TV menayangkannya lewat link ini mulai pukul 03.00 WIB.

Berikut 10 fakta terkait Chelsea vs West Ham United yang dikutip Opta

- Chelsea hanya kalah sekali dari 14 pertandingan kandang terakhir kontra West Ham (9 menang 4 imbang), meski kekalahan itu terjadi musim lalu dengan skor 0-1. Sejak Februari 1996, Chelsea tak pernah kalah di partai kandang beruntun lawan Hammers.

- West Ham menang kandang dan tandang atas Chelsea musim lalu, dan mengincar kemenangan ketiga beruntun atas The Blues untuk pertama kalinya di kasta teratas sejak empat laga beruntun, antara September 1972-Maret 1974.

- Sebelum Natal, Chelsea hanya pernah kalah dua kali dari 30 musim terakhir (19 menang 9 imbang), yakni saat kalah dari Leeds United pada 1999 dan Leicester City pada 2018.

- Laga terakhir West Ham sebelum Natal adalah kemenangan 1-0 atas Southampton musim lalu - Mereka tidak pernah mencatatkan kemenangan beruntun menuju Natal, setelah tiga musim beruntun pada 1978-1980.

- Chelsea cuma kalah sekali ketika mereka mencetak minimal satu gol di partai kandang (27 menang 10 imbang), yakni saat kalah 1-2 dari Liverpool musim lalu. Mereka bahkan tak terkalahkan di 16 pertandingan kandang terakhir ketika mereka bikin gol (14 menang 2 imbang).

- Chelsea kalah di dua partai liga terakhirnya, dengan kali terakhir menelan tiga kekalahan beruntun pada November 2015.

- West Ham mendapatkan lima poin dari posisi tertinggal musim ini, termasuk hasil imbang 1-1 kontra Crystal Palace. Sementara musim lalu, West Ham cuma meraih lima poin dari posisi tertinggal musim lalu.

- West Ham memenangi dua pertandingan tandang terakhirnya, sama banyaknya seperti 14 pertandingan tandang sebelumnya (3 imbang 9 kalah). Kali terakhir menang tiga partai tandang beruntun pada Desember 2018.

- Frank Lampard tentu tak mau jadi manajer Chelsea pertama yang kalah di tiga pertemuan beruntun kontra West Ham. Sementara itu tiga manajer yang selalu kalah di tiga duel awal dengan West Ham: Danny Wilson (1997-98), Sean Dyche (2014-16), dan Ralph Hasenhuettl (2018-19).

- Manajer West Ham David Moyes tak pernah menang di Stamford Bridge (15 laga 7 imbang 8 kalah) - Hanya kalah dari Anfield yakni 16 laga tanpa kemenangan.

(mrp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT