Perubahan Peran Pogba Kunci MU Jinakkan Wolves

Putra Rusdi K - Sepakbola
Rabu, 30 Des 2020 16:00 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - DECEMBER 29: Paul Pogba of Manchester United controls the ball under pressure from Vitinha of Wolverhampton Wanderers during the Premier League match between Manchester United and Wolverhampton Wanderers at Old Trafford on December 29, 2020 in Manchester, England. The match will be played without fans, behind closed doors as a Covid-19 precaution. (Photo by Michael Regan/Getty Images)
Perubahan peran Paul Pogba salah satu kunci MU jinakkan Wolves (Foto: (Getty Images/Michael Regan))
Manchester -

Perubahan peran Paul Pogba menjadi kunci kemenangan Manchester United atas Wolverhampton Wanderers. Taktik ini berbuah hasil gol dari Marcus Rashford.

MU bersusah payah mengalahkan Wolves 1-0 di Old Trafford pada pekan ke-16 Liga Inggris, Rabu (30/12/2020) dini hari WIB. Setan Merah harus menunggu hingga menit ke-90+3 untuk mencetak gol kemenangan melalui Marcus Rashford.

Sebelum gol Rashford, MU begitu kesulitan membongkar lini pertahanan Wolves. Dikutip dari Opta, The Red Devils hanya membuat tiga shoot on target dari 11 percobaan.

Saat MU buntu dalam situasi 0-0, manajer MU Ole Gunnar Solskjaer justru memilih untuk tak melakukan banyak perubahan di lini serang. Ia hanya mengganti Alex Telles dengan Luke Shaw dan Anthony Martial dengan Mason Greenwood.

Pergantian ini tak mengubah formasi karena pemain pengganti yang masuk berposisi yang sama dengan pemain yang digantikan. Namun kemudian, Solskjaer membuat keputusan tepat menjelang akhir laga dengan mendorong Pogba lebih ke depan

Pogba yang sebelumnya bermain sebagai jangkar didorong lebih ke depan menyokong Bruno Fernandes. Hal ini meningkatkan daya serang MU dan terbukti jitu dengan lahirnya gol Rashford.

[Gambas:Opta]

Solskjaer memuji anak asuhannya yang mampu merealisasikan perubahan yang diinginkannya di lapangan dengan baik. Ia menilai kesadaran taktik para pemain MU sudah sangat meningkat.

"Secara taktik, saya pikir fisik dan mental kami telah tumbuh dan berkembang. Keyakinan itu datang dari performa dan hasil yang diraih. Pemain yang kami miliki di lapangan dapat mengubah permainan dalam sedetik," ujar Solskjaer dikutip dari Manchester Evening News.

"Soal perubahan taktik, kami merasa menjelang akhir kami bisa mendorong Paul di posisi itu lebih naik di lini tengah. Marcus tetap melebar. Saya rasa Anthony bisa menusuk dan itu membuat perbedaan bagi kami. Dia mampu menambah daya serang," jelas pria asal Norwegia ini.

Kemenangan atas Wolves sendiri membawa MU ke urutan kedua dengan 30 poin. Mereka hanya tertinggal dua angka dari Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris.

(pur/krs)