Newcastle Vs Liverpool: Comeback Cetar Thiago Alcantara

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Kamis, 31 Des 2020 11:30 WIB
NEWCASTLE UPON TYNE, ENGLAND - DECEMBER 30: Thiago Alcantara of Liverpool reacts during the Premier League match between Newcastle United and Liverpool at St. James Park on December 30, 2020 in Newcastle upon Tyne, England. The match will be played without fans, behind closed doors as a Covid-19 precaution. (Photo by Peter Powell - Pool/Getty Images)
Thiago Alcantara tampil apik dalam comebacknya saat Liverpool ditahan Newcastle United 0-0. (Foto: Getty Images/Pool)
Newcastle -

Gelandang top Liverpool Thiago Alcantara akhirnya comeback setelah absen cukup lama. Meski hanya bermain sebentar, Thiago menampilkan performa cemerlang.

Pesepakbola Spanyol itu menggantikan James Milner dalam hasil seri 0-0 Liverpool di markas Newcastle United dalam lanjutan Liga Inggris, Kamis (31/12/2020) dinihari WIB. Ini baru menjadi penampilan ketiga Thiago untuk si Merah sejak direkrut dari Bayern Munich pada musim panas lalu.

Awal karier eks penggawa Barcelona itu bersama Liverpool diganggu sejumlah masalah kebugaran. Setelah terserang virus corona, Thiago dibekap cedera lutut di Derby Merseyside pada Oktober silam yang memaksanya absen selama lebih dari dua bulan.

Bagaimanapun, comeback Thiago semalam membuat fans the Reds gempar. Selama 17 menit beraksi di atas lapangan St. James' Park, Thiago membuat umpan-umpan apik dan sentuhan-sentuhan pada bola yang tidak bisa dilakukan pemain tengah Liverpool lainnya.

"Thiago bermain selama 15 menit dan betul-betul pemain outfield terbaik kita hahaha lucu," cuit akun @bubblxs di media sosial Twitter.

"Satu-satunya hal bagus tentang pertandingan Liverpool hari ini adalah melihat Thiago kembali di atas lapangan," timpal @ArrivedCurtis.

Statistik memperlihatkan bahwa Thiago membuat 29 sentuhan pada bola, dan 21 operan akurat, dengan melepaskan enam umpan panjang yang menemui sasaran, dan memenangi masing-masing dari lima duel udara, plus dua sapuan serta satu intersepsi.

Keberadaan Thiago memang tidak dapat menghadirkan gol bagi Liverpool sampai akhir pertandingan. Namun, pesepakbola berusia 29 tahun itu akan menambah kreativitas di lini tengah yang dibutuhkan sang juara bertahan dalam persaingan gelar juara di sisa musim ini.

"Kami merekrut Thiago sebenarnya karena kami berpikir dia itu seorang pemain yang bagus, jadi Anda bisa membayangkan kami menginginkan dia ada di tim. Itu jelas. Jadi ya, bagus [dia kembali], dia itu seorang pemain super," ungkap Manajer Liverpool Juergen Klopp di situs resmi klub.

"Saya pikir selama 20 menit, 12 menit di antaranya kami brilian dan dia kemudian merasakan intensitasnya, tapi itu wajar. Dia sudah berlatih dua kali dengan tim. Memang masih butuh melatih fisiknya, masih harus mendapatkan ritme."

Thiago Alcantara akan kembali membela Liverpool saat melawat ke markas Southampton, tengah pekan depan. Liverpool butuh kemenangan usai meraih dua hasil seri berturut-turut.

(rin/ran)