sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 11 Jan 2021 00:00 WIB

Wasit Everton Vs Liverpool: Pickford Harusnya Dikartumerah

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Liverpools Virgil van Dijk, top left, is tackled by Evertons goalkeeper Jordan Pickford, center, before leaving the match injured during the English Premier League soccer match between Everton and Liverpool at Goodison Park stadium, in Liverpool, England, Saturday, Oct. 17, 2020. (Peter Byrne/Pool via AP) Jordan Pickford harusnya dikartumerah usai tekel Virgil van Dijk (AP/Peter Byrne)
Newcastle upon Tyne -

Wasit Michael Oliver buka suara juga usai dua bulan lebih melewati duel Everton vs Liverpool. Oliver mengaku Jordan Pickford harusnya dikartumerah saat itu.

Pickford jadi biang keladi cedera panjang bek Liverpool Virgil van Dijk 17 Oktober lalu pada laga Derby Merseyside di Goodison Park. Pickford saat itu menerjang Van Dijk dalam duel perebutan bola.

Sayangnya, Pickford saat itu tidak dikartumerah karena Van Dijk dianggap offside lebih dulu. Nah, hal itu mengundang protes keras dari kubu Liverpool yang sampai mengajukan keberatan kepada Premier League atas keputusan itu.

Oliver sebagai wasit pun dikritik habis karena tidak berbuat apapun melihat tekel berbahaya dari Pickford. Hampir tiga bulan selepas insiden itu, Oliver akhirnya buka suara juga.

Diakui Oliver, penalti memang tidak diberikan karena Van Dijk lebih dulu melakukan pelanggaran. Tapi, setelah melihat tayangan ulang, Oliver baru mengakui kesalahannya tidak mengusir Pickford.

Sebab saat itu Pickford juga heran mengapa tidak ada pemain Liverpool yang meminta Pickford dikartumerah.

"Itu pertandingan besar. Kedua tim sedang tampil bagus. Hakim garis memberi offside dan ada keterlambatan dalam mengangkat bendera, seperti yang sering terjadi musim ini, kemudian Pickford menghantam Van Dijk," ujar Oliver seperti dikutip Daily Mail.

"Pemikiran awal saya tidak bisa penalti karena offside, jadi pertama kami harus memeriksa soal offside. Seingat saya, saya bilang ke wasit VAR, 'Jika itu bukan offside saya akan memberi penalti'. Saya melihat rekaman video beberapa kali. Saya berpikir Pickford hanya berusaha melebarkan kaki, tapi dia melakukan dengan cara yang salah," sambungnya.

"Kami seharusnya bisa tetap memberi offside dan mengusir Pickford. Yang membuat saya terkejut adalah tidak ada pemain [Liverpool] di lapangan yang meminta kartu merah. Tidak ada pemain yang memintanya."

"Kami terlalu fokus memikirkan langkah demi langkah sebagai lawan memikirkan proses yang lebih besar, yang juga mempertimbangkan tekel itu, bukan hanya fakta bahwa itu tidak bisa menjadi penalti. Kami seharusnya bisa tetap menganggap offside, seperti yang kami lakukan, tapi memberikan hukuman berbeda kepada Jordan Pickford," tutup Michael Oliver.

(mrp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com