sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 14 Jan 2021 11:23 WIB

Duo Ruben-Stones Jaminan Kukuhnya Lini Pertahanan Man City

Putra Rusdi K - detikSport
MANCHESTER, ENGLAND - JANUARY 13: Neal Maupay of Brighton and Hove Albion shoots under pressure from Ruben Dias and John Stones of Manchester City during the Premier League match between Manchester City and Brighton & Hove Albion at Etihad Stadium on January 13, 2021 in Manchester, England. Sporting stadiums around England remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images) Duo Ruben Dias dan John Stones kunci kukuhnya lini pertahanan Manchester City (Foto: Getty Images/Clive Brunskill)
Manchester -

Duet Ruben Dias dan John Stones bikin Manchester City begitu sulit ditembus. Mereka menjadi tim yang paling minim kebobolan di Liga Inggris musim ini

Man City meraih kemenangan 1-0 atas Brighton & Hove Albion di Etihad Stadium dalam lanjutan Liga Inggris, Kamis (14/1/2021) dini hari WIB. Gol tunggal The Citizens lahir dari Phil Foden di menit ke-44.

Lini belakang Man City kembali tampil prima sepanjang 90 menit untuk menorehkan cleansheet. Ini merupakan cleansheet ke delapan pasukan Pep Guardiola di Liga Inggris 2020/2021.

Torehan tersebut semakin mempertegas kukuhnya lini pertahanan tim Manchester Biru. Man City juga menjadi tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit di Liga Inggris musim ini. Gawang Manchester Biru baru bergetar 13 kali dalam 16 laga.

Begitu sulit ditembusnya lini belakang Man City tak lepas dari padunya duet bek tengah mereka, Ruben Dias dan John Stones. Dias tampil apik sejak didatangkan Man City dari Benfica musim panas ini.

Sementara, Stones perlahan mampu kembali menemukan permainan terbaiknya. Ia bangkit setelah kerap dipinggirkan ke bangku cadangan pada awal musim ini.

Kombinasi apik yang kembali ditunjukkan oleh Dias dan Stones mendapat pujian dari manajer Man City, Pep Guardiola. Meski demikian, manajer asal Spanyol tersebut menegaskan bahwa cleansheet di laga ini hadir bukan sekadar karena peran lini belakang Man City, tapi juga berkat kerja keras seluruh penggawa tim.

"Tentu saja- Ruben dan John lagi-lagi tampil sangat bagus. John membuat tekel yang luar biasa saat kami kehilangan bola," ujar Guardiola dikutip dari situs resmi Man City.

"Secara keseluruhan, ini adalah clean sheet lain yang kami buat. Oleh karena itu, ini lahir dari kerja keras dari semua pemain, bukan cuma empat bek saja."

"Itu adalah hal terbaik yang bisa kami hadirkan hari ini. Kami harus berjuang dalam 10 atau 15 menit terakhir pertandingan."

"Hari ini kami hanya kecolongan satu peluang bagus dan beberapa umpan silang. Namun, tidak ada yang benar-benar membahayakan dan catatan itu sangat berarti bagi kami," jelas mantan pelatih Barcelona ini.

Keberhasilan Man City meraih tiga angka tas Brighton membuat mereka perlahan tapi pasti kembali ke papan atas. Man City saat ini menempati peringkat ketiga di klasemen Liga Inggris dengan 32 poin. Mereka tertinggal empat angka dari Manchester United yang berada di puncak klasemen.

(pur/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com