sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 17 Jan 2021 06:00 WIB

Fergie Peringatkan Rooney: Jadi Manajer Tidak Gampang Lo!

Mohammad Resha Pratama - detikSport
FILE - In this Tuesday, Nov. 1, 2005 file photo Wayne Rooney of Manchester United, left, jokes with his coach Alex Ferguson during a training session at the Stade de France stadium, outside Paris. Lille will face Manchester United Wednesday in a European Champions League match. Wayne Rooney now has the Derby County job on a permanent basis after England’s record goal-scorer retired from playing and received a contract through 2023 to manage the second tier team. The 35-year-old former Manchester United captain, who took temporary charge of Derby in November, is now focusing on his coaching career.  (AP Photo/Christophe Ena, File) Sir Alex Ferguson wanti-wanti Rooney: jadi manajer tidak mudah (AP/Christophe Ena)
Manchester -

Sir Alex Ferguson senang Wayne Rooney berani menjabat manajer Derby County. Tapi, Fergie juga mengingatkan Roney kalau jadi manajer tidaklah mudah.

Derby County sudah kehilangan manajer sejak November lalu usai memecat Phillip Cocu. Rooney kemudian ditunjuk jadi manajer-pemain selama dua bulan terakhir, meski dia lebih sering berada di pinggir lapangan.

Kerja Rooney yang makin berat mau tak mau membuatnya harus mengorbankan salah satu. Rooney memilih untuk pensiun dan menjadi manajer permanan Derby. Keputusan Rooney ini lantas disambut positif fans dan mantan rekan-rekanya di Manchester United.

Tak ketinggalan juga, Sir Alex Ferguson yang membawa Rooney ke MU dan menjadikannya bintang besar. Tapi, sebagai mantan manajer top, Ferguson mengingat Rooney kalau kehidupannya akan berubah total.

Sebab tekanan akan semakin kencang dan Rooney akan selalu disorot, sehingga bisa kehilangan pekerjaan sewaktu-waktu. Terlebih Rooney minim pengalaman dan harus membawa tim bangkit dari zona degradasi divisi Championship.

Jika Rooney tidak punya kinerja oke, maka siap-siap saja menerima surat PHK dari Derby County.

"Dia adalah top scorer Timnas Inggris dan Manchester United, dia punya karier yang fantastis. Ini jadi modal berharga untuknya," ujar Ferguson soal karier baru Rooney.

"Tapi sepakbola adalah industri dan butuh meraih hasil sebaik mungkin. Dia pasti lebih tahu dari siapapun. Dia punya awal bagus, dan dia sangat tahu soal sepakbola, soal dirinya, dan saya harap dia bekerja dengan baik," sambungnya,

"Ini langkah besar untuknya. Dia punya karier yang sukses dan kekayaan melimpah, sehingga tidak perlu jadi manajer untuk membiayai keluarganya. Tapi dia ingin melakukannya dan itu sangat penting."

"Dia sudah pernah jadi pemain-pelatih, sekarang jadi pemain-manajer dan kemudian manajer sepenuhnya, itulah keinginannya.. Semoga saja dia bekerja dengan baik," tutup Sir Alex Ferguson.

(mrp/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com