sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 17 Jan 2021 06:20 WIB

Barcelona Klub Impian, Wijnaldum Bakal Tinggalkan Liverpool

Mohammad Resha Pratama - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - DECEMBER 01: Georginio Wijnaldum of Liverpool looks on during the UEFA Champions League Group D stage match between Liverpool FC and Ajax Amsterdam at Anfield on December 01, 2020 in Liverpool, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Michael Regan/Getty Images) Gini Wijnaldum siap tinggalkan Liverpool demi Barcelona? (Getty Images/Michael Regan)
Liverpool -

Georginio Wijnaldum sepertinya sudah ngebet ingin meninggalkan Liverpool dan gabung Barcelona. Sebab, Los Cules adalah klub impian Wijnaldum.

Wijnaldum sebenarnya sudah diincar Barcelona sejak bursa transfer musim panas lalu. Apalagi Liverpool sudah mendatangkan Thiago Alcantara sebagai penggantinya.

Tapi, Barcelona tidak punya uang yang diminta Liverpool untuk tebusan Wijnaldum, yakni 20-25 juta paun dan hanya mampu membayar 15 juta paun. Alhasil, Wijnaldum akhirnya bertahan.

Meski demikian, Wijnaldum tetap jadi andalan Liverpool di lini tengah karena serba bisa dan tahan banting. Di tengah badai cedera dan virus corona yang menghantam Liverpool sedari awal musim, Wijnaldum selalu ada untuk Juergen Klopp.

Maka dari itu wajar jika Liverpool berupaya untuk mempertahankan pesepakbola 30 tahun itu, yang masa tinggalnya tersisa enam bulan. Liverpool dan Wijnaldum sudah berdiskusi soal kontrak baru sejak dua bulan terakhir.

Sayangnya belum ada kesepakatan karena Liverpool tak mau memenuhi permintaan gaji Wijnaldum yang mencapai 175 ribu paun per pekan dengan durasi kontrak empat tahun. Sebab, Liverpool punya kebijakan untuk tidak memberi kontrak jangka panjang bagi pemain berusia minimal 30 tahun ke atas.

Nominal itu dirasa Wijnaldum pas mengingat dia begitu penting untuk Liverpool seperti halnya Mohamed Salah dan Virgil van Dijk, dua penerima gaji tertinggi. Apalagi pesepakbola Belanda itu berstatus "kapten" keempat setelah Jordan Henderson, James Milner, dan Van Dijk.

Nah, ini kemudian dimanfaatkan Barcelona untuk mendekati Wijnaldum lagi. Dengan status bebas transfer maka lebih memudahkan Barcelona yang lagi punya masalah keuangan.

Bak gayung bersambut, dikutip Mirror, Wijnaldum sudah menolak kontrak baru terakhir yang disodorkan Liverpool. Wijnaldum akan memilih untuk gabung Barcelona yang merupakan impian semasa kecilnya.

Apalagi Barcelona kini ditangani Ronald Koeman, mantan pelatihnya di Timnas Belanda. Situasi Gini Wijnaldum saat ini disebut-sebut mirip saat Gareth Bale mau pindah ke Real Madrid pada 2013.

"Barcelona selalu jadi impiannya," ujar sumber asal Belanda.

"Mirip-mirip dengan situasi Gareth Bale saat pergi dari Tottenham ke Real Madrid, yang mana itu adalah tujuan utamanya."

(mrp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com