sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 21 Jan 2021 11:55 WIB

Man City Vs Villa: Menurutmu Rodri Offside atau Enggak?

Putra Rusdi K - detikSport
MANCHESTER, ENGLAND - JANUARY 20: Tyrone Mings of Aston Villa talks with Referee, Jonathan Moss during the Premier League match between Manchester City and Aston Villa at Etihad Stadium on January 20, 2021 in Manchester, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Shaun Botterill/Getty Images) Tyrone Mings mempertanyakan keputusan wasit terkait tidak offisidenya Rodri (Foto: Getty Images/Shaun Botterill)
Manchester -

Gol pertama Manchester City saat menang atas Aston Villa menimbulkan kontroversi. Rodri yang benar offside atau tidak ya?

Man City mampu mengalahkan Aston Villa 2-0 di Etihad Stadium dalam lanjutan Liga Inggris, Kamis (21/1/2021) dini hari WIB. Dua gol The Citizens lahir dari Bernardo Silva (menit ke-79) dan penalti Ilkay Guendogan (90').

Tambahan tiga angka sempat membawa City ke puncak klasemen berkat raihan 38 angka. Sebelum, MU melengserkan mereka dengan keunggulan dua angka pasca menang dari 2-1 atas Fulham di laga sesudahnya.

Namun, hasil positif yang diraih pasukan Pep Guardiola ini diiringi kontroversi. Pasalnya, beberapa pihak menilai gol pembuka Manchester City yang dibuat oleh Bernardo Silva harusnya tidak sah.

Silva memang tak melakukan pelanggaran, tapi Rodri yang memberikan umpan kepadanya dianggap dalam posisi offside. Rodri merebut bola dari penguasaan Tyrone Mings sesaat setelah dirinya naik menekan Ederson yang membuatnya berada dalam posisi offside.



Keputusan wasit John Moss dan VAR yang mengesahkan gol ini langsung membuat Manajer, Villa, Dean Smith, melancarkan protes. Protes Smith bersambut dengan kartu merah yang dilayangkan kepadanya.

Legenda MU, Rio Ferdinand, merasa wasit membuat keputusan yang keliru terkait gol Silva ini. Ia merasa harusnya gol ini tak disahkan.

"Saya pikir itu keputusan yang buruk. Saya pikir dia offside. Dia mempengaruhi permainan dan orang yang menerima bola," ujar Ferdinand soal posisi Rodri dikutip dari Manchester Evening News.

Namun, perangkat pertandingan juga punya dasar yang kuat untuk memutuskan tetap mengesahkan gol Silva dan menilai Rodri onside. Badan Wasit Elite Liga Inggris (PGMOL) usai laga memberi klarifikasi terkait insiden Rodri ini.

Mereka menyebut wasit telah mengambil keputusan yang tepat. Rodri dianggap tidak offside karena mendapat bola dari Mings yang sengaja memainkan bola.

"Pada menit ke-79 Manchester City vs Aston Villa, Bernardo Silva mencetak gol. Dalam prosesnya, Rodri berada dalam posisi offside saat bola di udara," bunyi pernyataan PGMOL.

"Tyrone Mings kemudian memainkan bola dengan menguasainya menggunakan dada. Setelah Mings menguasai bola aturan berikut berlaku: Seorang pemain dalam posisi offside menerima bola dari lawan yang sedang memainkan bola termasuk dari handball yang disengaja dinilai tidak dianggap mendapat keuntungan."

"Aturan ini membuat Rodri tak mendapat keuntungan. Dia tidak offside dan laga play-on. Rodri secara sah boleh merebut bola dari Mings dan memulai serangan yang menghasilkan gol," lanjut pernyataan tersebut.

Kalau menurut Detikers, Rodri offside atau enggak ya? Berikan pendapat kalian di kolom komentar.

Banner Papan Atas EPL
(pur/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com