sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 22 Jan 2021 12:00 WIB

Liverpool Vs Burnley: Kilau Nick Pope yang Bikin si Merah Kalah

Putra Rusdi K - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - JANUARY 21:  Nick Pope of Burnley  during the Premier League match between Liverpool and Burnley at Anfield on January 21, 2021 in Liverpool, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Clive Brunskill/Getty Images) Nick Pope tampil gemilang saat Burnley mengalahkan Liverpool (Foto: Getty Images/Clive Brunskill)
Liverpool -

Nick Pope menjadi sosok kunci keberhasilan Burnley mengalahkan Liverpool. Tampil gemilang musim ini, ia dinilai layak menjadi kiper nomor satu timnas Inggris.

Burnley mampu menumbangkan Liverpool 1-0 di Anfield dalam lanjutan Liga Inggris, Jumat (22/1/2021) dini hari WIB. Gol tunggal The Clarets diciptakan oleh Ashley Barnes dari titik putih pada menit ke-82.

Penalti diberikan wasit setelah Barnes dilanggar oleh Alisson Becker. Burnley memberikan kekalahan pertama untuk The Reds di Anfield pada ajang Liga Inggris sejak April 2017.

Barnes memang menjadi sosok penentu kemenangan Barnley berkat golnya. Namun,tiga angka ini takkan diraih pasukan Sean Dyche tanpa ketangguhan Pope di bawah mistar.

Pope tampil menawan menahan gempuran para penggawa Liverpool yang melepas total 27 tembakan di laga ini. Dikutip dari Opta, Pope mencatatkan enam penyelamatan, satu tinjuan bola, dan lima sapuan.

[Gambas:Opta]


Performa menawan Pope di laga kontra Liverpool melanjutkan catatan apiknya di musim ini. Cleansheet di Anfield merupakan cleansheet keenam yang ditorehkan kiper 28 tahun ini dalam 11 laga terakhir.

Menurut data Premier League, Pope berada di peringkat kelima kiper dengan jumlah penyelamatan terbanyak musim ini. Ia total mencatatkan 65 saves dari 18 laga.

Kiper asal Inggris ini hanya kalah 'sibuk' dari Ilan Meslier (Leeds United) dan Alphonse Areola (Fulham) dengan 67 penyelamatan. Kemudian, Karl Darlow (Newcastle United) dengan 70 penyelamatan dan Sam Johnstone (West Bromwich Albion) 78 penyelamatan.

Menilik dari konsistensinya tersebut, Pope dinilai layak menggusur Jordan Pickford sebagai kiper nomor satu timnas Inggris. Hal tersebut diungkapkan kiper Aston Villa yang juga mantan rekan Pope di Burnley, Tom Heaton.

"Saya rasa dia sudah layak untuk menjadi pesaing utama. Dia hanya perlu terus menjaga performanya," ujar Heaton mengenai kemungkinan Pope menggeser Pickford dikutip dari Sky Sport.

"Saya pikir tantangannya adalah karena Burnley tidak bermain build-up dari belakang seperti Inggris. Kalau itu faktornya, saya tidak tahu. Namun, yang bisa dilakukannya adalah membuktikan diri," jelasnya.

Banner Papan Atas EPL
(pur/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DMentor
×
Step By Step Memulai Investasi Saham
Step By Step Memulai Investasi Saham Selengkapnya