Liverpool Wajib Finis Empat Besar demi Dua Hal Ini

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Kamis, 04 Mar 2021 17:15 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - JANUARY 21: Jurgen Klopp, Manager of Liverpool interacts with Takumi Minamino of Liverpool following the Premier League match between Liverpool and Burnley at Anfield on January 21, 2021 in Liverpool, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Peter Powell - Pool/Getty Images)
Liverpool wajib finis empat besar demi finansial dan menarik pemain-pemain top di musim depan. (Foto: Getty Images/Pool)
Liverpool -

Juergen Klopp menegaskan pentingnya Liverpool agar finis empat besar. Selain karena uang, hal itu akan memudahkan Liverpool merekrut pemain-pemain top.

Empat besar menjadi target realistis bagi the Reds meski berstatus sebagai juara bertahan Liga Inggris. Liverpool tercecer dalam persaingan gelar juara usai terpuruk di peringkat enam klasemen.

Sampai pekan ke-26, Mohamed Salah cs baru mengumpulkan 43 poin, tertinggal 22 poin dari Manchester City yang menghuni posisi puncak. Sedangkan Liverpool cuma berjarak dua poin saja dari tim kejutan, West Ham, yang menempati peringkat empat.

Banner Liverpool

Manajer Liverpool Klopp mengaku tidak mendapat tekanan tambahan dari pemilik klub. Namun, Klopp sadar betul bahwa kelolosan ke Liga Champions musim depan akan berpengaruh besar pada aspek finansial Liverpool.

"Kita semua memahami situasi ini, ini sangat penting finis empat besar," Klopp mengungkapkan di Mirror. "Bukan soal pemilik klub menghubungi saya dan bilang 'Kalau Anda tidak lolos ke Liga Champions maka ini atau itu akan terjadi', karena kita semua di dalam situasi ini bersama-sama, kita semua paham."

"Alasan utama harus lolos ke Liga Champions selalu soal alasan finansial. Untuk klub ini tentang finansial dan musim ini tidak berbeda. Tentu saja ini akan sangat penting. Sudah pasti."

Setelah kesulitan bersaing dengan City, Liverpool akan memperkuat skuadnya di musim panas. Tidak bisa dipungkiri bahwa Liga Champions adalah salah satu faktor yang bisa menarik minat pemain incaran.

"Anda ingin menarik pemain-pemain untuk bergabung dengan Anda... di awal [saat saya tiba di Liverpool] tidak seperti ini. Saya duduk di sini dan para pemain [yang saja ajak bicara] mendapat tawaran dari klub lain yang bermain di Liga Champions, dan saat itu seperti, 'oke, maaf kami tidak bisa menawarkan apapun atau Liga Europa.' sambung Klopp.

"Jadi itu adalah kompetisi hebat untuk diikuti, untuk banyak alasan, tapi untuk klub itu selalu soal finansial," simpul dia.

(rin/aff)