Chelsea Tertinggal Jauh, Tuchel: Jangan Cari-cari Alasan, Terima Saja

Yanu Arifin - Sepakbola
Kamis, 04 Mar 2021 18:45 WIB
Chelseas head coach Thomas Tuchel stands prior too the start of the English Premier League soccer match between Chelsea and Burnley at Stamford Bridge Stadium in London, England, Sunday, Jan. 31, 2021. (Justin Tallis/Pool Via AP)
Manajer Chelsea, Thomas Tuchel. (Foto: Justin Tallis/AP)
London -

Thomas Tuchel mengakui Chelsea sulit mengejar Manchester City musim ini. Manajer 47 tahun itu mengaku akan menerimanya dan tidak mencari-cari alasan pembelaan.

Chelsea belum lagi menjuarai Liga Inggris, sejak terakhir meraihnya pada musim 2016/2017. Ketika itu, Si Biru masih dilatih Antonio Conte.

Tiga musim setelahnya, Chelsea selalu tertinggal jauh dari sang juara. Tercatat, Chelsea tertinggal 30 poin dengan City di musim 2017/2018, kemudian tertinggal 26 poin lagi dari City musim 2018/2019, dan terakhir 33 poin dari Liverpool pada musim 2019/2020.

Di musim 2020/2021, Chelsea kini sedang tertinggal 21 angka dari City, sang pemuncak klasemen Liga Inggris. Pasukan Tuchel masih tertahan di peringkat lima.

Tuchel pun enggan berkilah dari kenyataan, bahwa Chelsea memang masih tertinggal jauh dari para rival. Manajer asal Jerman itu cuma berjanji, musim depan timnya bisa memulai persaingan baru.

"Kami seharusnya tidak membatasi diri sendiri. Kami tidak harus mempersiapkan alasan. Ini menunjukkan seberapa besar jarak itu, dan kondisi sekarang. Tapi mungkin bagus untuk melihat kenyataan," kata Tuchel dilansir Daily Mail.

"Anda hanya bisa memaksakan diri sampai batas, jika tidak menerima gagasan kekalahan sejak awal. Akankah kami mengejar Man City musim ini? Tidak, kami tidak akan melakukannya. Tapi musim depan, kami akan mulai dengan nol poin, kami semua."

"Man City dalam masalah musim ini dan tidak ada yang memanfaatkannya. Terbukti dalam olahraga, Anda dapat melakukan langkah-langkah luar biasa dan berkembang jika Anda bisa memanfaatkan momentum," tegas eks pelatih Mainz, Borussia Dortmund, dan Paris Saint-Germain.

Chelsea sendiri akan menghadapi laga berat di lanjutan Liga Inggris. Anak asuh Thomas Tuchel akan menghadapi Liverpool di Anfield, Jumat (5/3/2021) dini hari WIB. Laganya bisa disaksikan secara live streaming di Mola TV lewat link ini, dengan berlangganan paket Sport dan Entertainment.

(yna/cas)