Arsenal Gagal Menang, Salah Xhaka atau Leno?

Putra Rusdi K - Sepakbola
Sabtu, 06 Mar 2021 23:45 WIB
BURNLEY, ENGLAND - MARCH 06: Chris Wood of Burnley celebrates after scoring his teams first goal past Bernd Leno of Arsenal during the Premier League match between Burnley and Arsenal at Turf Moor on March 06, 2021 in Burnley, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Jon Super - Pool/Getty Images)
Arsenal gagal menang karena salah Granit Xhaka atau Bernd Leno (Foto: Getty Images/Pool)
Burnley -

Arsenal gagal menang atas Burnley akibat blunder saat melakukan build-up play dari lini belakang. Siapa yang layak disalahkan Granit Xhaka atau Bernd Leno?

Arsenal tertahan 1-1 oleh Burnley di Turf Moor pada pekan ke-27 Liga Inggris, Sabtu (6/3/2021) malam WIB. The Gunners sebenarnya mengawali laga ini dengan sangat baik.

Mereka sudah mampu unggul di menit ke-6 lewat aksi Pierre-Emerick Aubameyang. Namun kemudian, kesalahan Granit Xhaka di menit ke-39 harus dibayar mahal Arsenal.


Xhaka yang mendapat bola dari Bernd Leno di kotak penalti Arsenal tak cukup baik dalam melepas umpan. Umpannya membentur Chris Wood dan bola kemudian bergulir masuk ke gawang Leno melahirkan gol penyama kedudukan bagi Burnley..

Gol Wood memang lahir dari kesalahan umpan Xhaka. Namun, keputusan Leno yang kurang cermat juga dianggap beberapa pihak punya andil atas kegagalan Arsenal meraih tiga angka.

Leno yang mendapat umpan back-pass dari Pablo Mari dinilai harusnya langsung melepas umpan panjang dan bukannya memberikan umpan pendek ke Xhaka. Pasalnya, pemain timnas Swiss ini dalam posisi kurang menguntungkan.

Xhaka mendapatkan pressing dari Matej Vidra. Jalur umpannya ke kiri ditutup oleh Chris Wood sedangkan ke kanan ditutup oleh Johann Berg Gudmundsson.



Usai laga, Leno menegaskan bahwa gol Wood tersebut adalah risiko yang harus diambil Arsenal dari permainan build-up play mereka dari lini belakang. Meski demikian, ia merasa Meriam London tak perlu mengubah gaya main mereka karena hal ini. Menurutnya, Arsenal kebobolan di laga ini hanya karena kurang beruntung.

"Kami ingin membangun serangan lagi karena sebelumnya telah berhasil. Ini hal yang kurang beruntung dari Granit (Xhaka) tetapi itu terjadi," ujar Leno dikutip dari BBC.

"Selalu ada risiko untuk membangun serangan dari belakang. Namun, inilah gaya kami. Saya rasa kami punya lebih banyak hal menguntungkan," jelasnya.


Hasil imbang ini membuat Arsenal tak beranjak dari posisi ke-10 dengan 38 poin. Sementara, Burnley di posisi ke-15 dengan 30 poin.

Kalau menurut detikers, Siapa nih yang lebih layak disalahkan atas gol Wood. Xhaka atau Leno?



Simak Video "Prediksi MU vs Liverpool Bersama United Indonesia Bogor dan The Reds Indo"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/aff)