Wow! Thomas Tuchel Bikin Rekor Ini di Chelsea

Yanu Arifin - Sepakbola
Selasa, 09 Mar 2021 06:40 WIB
Chelseas head coach Thomas Tuchel reacts at the end of the English Premier League soccer match between Chelsea and Everton at the Stamford Bridge stadium in London, Monday, March 8, 2021. (John Sibley/Pool via AP)
Manajer Chelsea, Thomas Tuchel. (Foto: John Sibley/Pool via AP)
London -

Chelsea kembali tak terkalahkan bersama Thomas Tuchel, saat menang 2-0 atas Everton. Hasil itu membuat sang manajer menorehkan rekor baru.

Chelsea melakoni laga ke-11 bersama Tuchel, dengan menjamu Everton dalam lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge, London, Inggris, Selasa (9/3/2021) dini hari WIB. Lagi-lagi hasil tak terkalahkan diraih Si Biru.

Chelsea menang 2-0 atas Everton. Gol bunuh diri Ben Godfrey dan penalti Jorginho, memastikan tiga poin bagi The Blues.

Kemenangan itu berbuah catatan manis bagi Thomas Tuchel. Ada sejumlah rekor yang dipecahkan manajer 48 tahun itu bersama Chelsea.

Menurut Opta, Tuchel menjadi manajer pertama di Premier League, yang mampu membawa timnya clean sheet di lima laga kandang pertamanya. Sebelumnya, tak pernah ada manajer yang mampu melakukannya.

Tangguhnya Chelsea tak lepas dari taktik penguasaan bolanya. Sejak dipegang Tuchel, Mason Mount dkk begitu mendominasi kepemilikan bola, nyaris tak memberi kesempatan kepada lawan untuk berkembang.

Di laga melawan Everton, penguasaan bola Chelsea mencapai 65 persen, dengan membuat 19 shots dan 9 yang mengarah ke gawang.

Bersama Tuchel, Chelsea memang sudah melakoni lima laga kandang, yang hasilnya tak terkalahkan. Setelah debutnya ditahan Wolverhampton Wandereres 0-0, Chelsea menang 2-0 atas Burnley, Tottenham Hotspur 1-0, Newcastle United, dan menahan Manchester United 0-0.

Tuchel juga menjadi manajer ketiga dengan catatan tak terkalahkan di laga-laga perdananya. Eks manajer Mainz dan Borussia Dortmund itu sudah melewatkan 9 laga tanpa terkalahkan, cuma kalah dari Maurizio Sarri (12 laga) dan Frank Clark (11 laga).

Chelsea sendiri kini kukuh di posisi empat besar klasemen Liga Inggris. Pasukan Thomas Tuchel mengoleksi 50 poin dari 28 laga, unggul empat poin dari Everton, yang baru bermain 27 kali.

(yna/bay)