Jumlah Assist Marcus Rashford Rupanya Bikin Bingung!

Kris Fathoni W - Sepakbola
Selasa, 09 Mar 2021 11:40 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - MARCH 07: Luke Shaw of Manchester United celebrates with Marcus Rashford and Fred after scoring their sides second goal during the Premier League match between Manchester City and Manchester United at Etihad Stadium on March 07, 2021 in Manchester, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Peter Powell - Pool/Getty Images)
Marcus Rashford merayakan gol Luke Shaw. (Foto: Getty Images/Pool)
Jakarta -

Marcus Rashford membuat assist buat Manchester United saat mengalahkan Manchester City. Tapi jumlah total assist-nya Rashford musim ini rupanya bikin bingung!

Man United menang 2-0 dalam derby Manchester di markas Man City pada akhir pekan. Bruno Fernandes membuka kemenangan lewat titik putih di babak pertama dan Luke Shaw kemudian memantapkan tiga angka lewat golnya di babak kedua.

Gol Luke Shaw berawal dari lemparan kiper Dean Henderson ke bek kiri Man United itu. Shaw melakukan penetrasi lalu mengoper ke Rashford yang kemudian mengembalikan bola. Shaw lalu menyepak si kulit bundar ke pojok gawang Ederson.

Banner Profil MU

Nah, situs resmi Manchester United sejatinya mencatat itu sebagai assist ke-10 dari Marcus Rashford di seluruh ajang pada musim ini. Itu merupakan jumlah assist terbanyak darinya dalam karier.

Yang bikin bingung, jurnalis Man United Sam Carney turut menyebut bahwa ada rujukan sumber-sumber lain yang menyebut bahwa Marcus Rashford sudah punya assist lebih dari 10 musim ini. Jumlah itu bisa saja sudah dicapai pada 18 Februari atau sembilan hari sebelumnya!

Kok bisa?

"Itu karena sejumlah situs, seperti Transfermarkt.com, menyebut bahwa keberhasilan mendapat penalti (semisal Marcus dilanggar yang berujung pada penalti Bruno Fernandes dalam kemenangan 3-1 atas Newcastle) juga dihitung sebagai assist," tulis Carney dalam artikelnya di situs resmi Man United.

Sumber lain juga menghitung operan yang membentur lawan sebagai assist, sebagaimana bola dari Rashford ke Fernandes atas gol pembukanya dalam kemenangan 4-0 atas Real Sociedad, yang mana ini tidak tercermin dalam data hitungan Opta.

Yang menarik, Carney pun curhat pernah 'disindir' Rashford saat wawancara jelang lawan West Brom di hari Valentine. Saat itu Carney menyebut Marcus Rashford punya 16 gol dan delapan assist, yang langsung dipertanyakan si pemain Manchester United.

"Kayaknya kamu sudah menghapus beberapa assist-ku deh! Aku tak yakin benar, semua menyebut angka-angka berbeda tapi sepertinya aku sudah bikin 16 (gol) dan 11 (assist), tapi aku menjalani laga satu demi satu."

(krs/aff)