Manchester United Akhirnya Punya Direktur Sepakbola

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 11 Mar 2021 02:00 WIB
LONDON, ENGLAND - FEBRUARY 09: The Manchester United club badge is put up on the board during the Premier League match between Fulham FC and Manchester United at Craven Cottage on February 09, 2019 in London, United Kingdom. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Manchester United akhirnya punya direktur sepakbola dan direktur teknik (Getty Images/Catherine Ivill)
Manchester -

Manchester United akhirnya memilik direktur sepakbola juga setelah sekian lama didesak. Tak cuma itu, Setan Merah juga menunjuk direktur teknik. Siapa saja?

MU sebagai klub besar memang tak perlu diragukan lagi kapabilitasnya. Bukan tugas sulit untuk MU merayu pemain top bergabung dengan iming-iming gaji besar.

MU juga dengan mudah mendatangkan sponsor demi sponsor, meski kini prestasinya tak lagi segemilang dulu. Sayangnya, MU kerap dikritik karena tak mampu membelanjakan uangnya dengan benar.

Kebijakan transfer yang buruk lantas membuat Ed Woodward sebagai CEO dikritik habis, karena dianggap tidak mampu menjalankan klub dengan baik. Banyak transfer mahal MU yang akhirnya gagal, seperti Romelu Lukaku, Angel Di Maria, Paul Pogba, dan bahkan Alexis Sanchez.

Oleh karenanya, MU didesak untuk menunjuk direktur sepakbola dan direktur teknik untuk mengurus transfer dan hal-hal di dalam lapangan. Sehingga Woodward bisa fokus menjalankan roda klub terutama soal mencari sponsor.

Ide ini sudah dicetuskan sejak Jose Mourinho jadi manajer dan akhirnya baru terwujud, Rabu (10/3/2021). MU secara resmi mengangkat John Murtough sebagai Direktur Olahraga yang bertugas untuk mengurusi transfer klub bersama Ole Gunnar Solskjaer.

Sebelumnya Murtough memang bekerja di bidang itu, yakni akademi klub dan departemen perekrutan pemain United. Murtough merupakan peninggalan David Moyes dan merupakan salah satu penemu bakat Wayne Rooney.

"John [Murtough] akan bertanggung jawab secara keseluruhan untuk operasi dan strategi di semua fungsi sepakbola, memperkuat fondasi yang sudah ada," ujar pernyataan resmi klub.

"Sebagai direktur sepakbola, John akan bekerja sehari-hari bersama Ole untuk menyamakan visi dalam perekrutan dan strategi lain, sekaligus memastikan tim utama memiliki dukungan operasional terbaik demi keberhasilan tim."

"Ole akan melanjutkan perannya dalam proses rekrutmen, didukung oleh fungsi pemandu bakat dan analitik data menyeluruh yang akan diteruskan kepada John."

Tak cuma Direktur Olahraga, ada juga posisi direktur teknik yang kini diemban oleh mantan pemain Darren Fletcher. Fletcher sejatinya sudah dipromosikan ke tim utama dari staf pelatih tim muda MU pada Januari lalu.

Fletcher nantinya akan banyak membantu pengembangan tim muda Manchester United agar bisa banyak pemain yang mentas ke tim utama. Selain itu, Fletcher akan memberi masukkan teknis kepada Solskjaer selaku manajer.

(mrp/raw)