Arsenal Vs Tottenham: The Gunners Menang 2-1

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Senin, 15 Mar 2021 01:28 WIB
London -

Arsenal tampil sebagai pemenang derby London Utara. Tampil di kandang sendiri melawan Tottenham Hotspur, Arsenal comeback sebelum menang dengan skor 2-1.

Duel Arsenal vs Tottenham dilangsungkan di Stadion Emirates, yang tuntas Senin (15/3/2021) dinihari WIB. Spurs mampu mencuri gol lebih dulu meski bermain di bawah tekanan Arsenal berkat gol pemain pengganti Erik Lamela.

The Gunners bertubi-tubi menyerang Spurs dengan dua upayanya mengenai tiang gawang. Sampai akhirnya Martin Odegaard berhasil menciptakan gol penyama Arsenal di menit-menit sebelum jeda.

Kemenangan Arsenal ditentukan oleh Alexandre Lacazette dengan gol penaltinya. Tottenham menyudahi permainan dengan 10 orang setelah Lamela diusir dari lapangan.

Meski memenangi pertandingan, Arsenal bergeming di peringkat 10 klasemen Liga Inggris usai mengumpulkan 41 poin hasil 28 kali bertanding. Begitupun dengan Tottenham yang terpaku di posisi ketujuh dengan 43 poin, berjarak enam poin dari Chelsea di empat besar yang sudah memainkan 29 laga.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Arsenal tampil sejak menit-menit awal, menekan Tottenham sehingga tidak bisa mengembangkan permainannya.

Serangan berbahaya Arsenal terjadi di menit ke-15. Kiper Tottenham Hugo Lloris mesti keluar dari kotak penalti untuk menyapu bola panjang. Granit Xhaka kemudian menguasai bola sebelum melepaskan tembakan dari jarak jauh walau masih melayang di atas mistar.

Semenit kemudian, Arsenal hampir menciptakan gol pertamanya. Alexandre Lacazette menerima sodoran Emile Smith Rowe lalu menusuk ke kotak penalti sebelum mengakhiri dengan sepakan melengkung. Lloris tak mampu menjangkau bola tapi bola menghantam tiang gawang, lalu diamankan Davinson Sanchez.

Di tengah serangan Arsenal, Tottenham mencetak gol pembuka! Pemain pengganti Erik Lamela membawa Tottenham unggul 1-0 di menit ke-33.

Gol tersebut diawali dari bola panjang yang diterima Sergio Reguillon di sayap kiri. Umpan silang Reguillon mencapai Lucas Moura di tengah kotak, lalu sodorannya diselesaikan Lamela dengan sepakan mendatar yang mengarah ke tiang jauh.

Arsenal masih mendominasi penguasaan bola. Hanya empat menit berselang, usaha Arsenal lagi-lagi terhalang frame gawang.

Tusukan Smith Rowe diakhiri dengan crossing dari garis gawang. Lacazette gagal menjangkau bola, sehingga diterima Cedric Soares untuk diteruskan dengan tembakan yang memantul dari mistar.

Jelang turun minum, Arsenal akhirnya menyamakan skor! Kieran Tierney mengirim umpan silang dari sisi kanan yang diterima Martin Odegaard di tengah kotak. Memiliki ruang tembak yang leluasa, Odegaard melepaskan sepakan yang sedikit mengenai Toby Aldeweireld sebelum bola masuk ke gawang. Skor kini 1-1.

Tottenham membuat start yang lebih baik di awal babak kedua tapi tidak membuat peluang berarti. Di menit ke-56, Arsenal justru memaksa Lloris membuat penyelamatan. Umpan terobosan Odegaard diterima Lacazette, yang mengitari Sanchez sebelum melepaskan tembakan meski bola masih bisa ditangkap.

Enam menit kemudian, wasit menunjuk titik putih usai Sanchez menerjang Lacazette. Penyerang Prancis itu maju sebagai penendang dan sukses mengirim Lloris ke arah yang salah. Arsenal kini berbalik memimpin 2-1 di menit ke-64.

Saat tertinggal, Spurs justru harus bermain dengan 10 orang. Lamela diganjar kartu kuning kedua (kartu merah) setelah menyikut Tierney.

Memasuki 10 menit terakhir, gol sundulan Harry Kane dianulir! Kane menyambut sepak pojok Lucas Moura dengan tandukan ke arah tiang jauh yang tidak mampu dijangkau Bernd Leno. Namun, gol itu dibatalkan karena Kane dalam posisi offside.

Tottenham menyerbu pertahanan Arsenal di menit-menit akhir waktu normal. Saat mendapatkan tendangan bebas, Kane melepaskan sepakan mendatar ke arah tiang jauh, Leno sudah mati langkah. Sayangnya, bola hanya mengenai tiang sebelum dicecar Sanchez. Mohamed Elneny mem-blok.

Pelanggaran Gabriel Magelhaes terhadap Lucas Moura memaksa wasit menghadiahi tendangan bebas kepada Tottenham di posisi berbahaya saat injury time. Kane maju sebagai eksekutor, tapi kali ini tembakannya melambung jauh di atas mistar gawang Arsenal.

Pertandingan berakhir. Skor 2-1 untuk keunggulan Arsenal tetap bertahan.


Susunan Pemain

ARSENAL: Leno, David Luiz, Cedric Soares, Tierney, Magalhaes, Xhaka, Partey, Odegaard, Smith Rowe (Willian 79'), Saka (Pepe 46'), Lacazette (Elneny 88')

TOTTENHAM HOTSPUR: Lloris, Alderweireld, Doherty, Davinson Sanchez, Reguilon, Lucas Moura, Hojbjerg, Ndombele (Alli 62'), Bale (Sissoko 57'), Son (Lamela 19'), Kane

(rin/aff)