Iheanacho Jadi Garang, Ini Rahasianya

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 22 Mar 2021 09:50 WIB
Leicesters Kelechi Iheanacho, right, celebrates with Leicesters Marc Albrighton after scoring his sides third goal during the English FA Cup quarter final soccer match between Leicester City and Manchester United at the King Power Stadium in Leicester, England, Sunday, March 21, 2021. (AP Photo/Ian Walton, Pool)
Kelechi Iheanacho sekarang jadi tajam betul, apa rahasianya? (AP/Ian Walton)
Leicester -

Kelechi Iheanacho belakangan jadi tajam sekali di depan gawang. Manajer Leicester City, Brendan Rodgers, memberikan alasan di balik performa mantap Iheanacho.

Iheanacho kembali dipercaya jadi juru gedor Leicester saat menjamu Manchester United di perempatfinal Piala FA, Senin (22/3/2021) dini hari WIB. Bersama Jamie Vardy, Iheanacho membombardir pertahanan MU dengan kecepatannya.

Pemain asal Nigeria itu membuka keunggulan timnya di menit ke-24 yang memaksimalkan kesalahan di lini belakang MU. Tim tamu sempat menyamakan skor di menit ke-38 lewat Mason Greenwood.

Tapi, di babak kedua, Leicester menggila lagi dan Iheanacho berperan dalam lahirnya gol Youri Tielemans di menit ke-52 yang membawa timnya memimpin 2-1.

Operannya diterima Tielemans yang menusuk ke depan kotak penalti sebelum menembak ke pojok gawang. Iheanacho memantapkan kemenangan 3-1 Leicester lewat gol sundulannya di menit ke-78.

Leicester lolos ke semifinal Piala FA pertama dalam 36 tahun terakhir dan Iheanacho mencuri panggung. Dicatat Squawka, Iheanacho memenangi enam duel, melakukan dua tekel, dua intersep, dan mencetak dua gol dari dua kesempatan.

Performa mantap Kelechi Iheanacho ini meneruskan apa yang dibuatnya belakangan ini. Dari empat pertandingan terakhir, Iheanacho membuat enam gol.

Total sudah 12 gol dan lima assist dibuat pemain 24 tahun tersebut. Hebatnya sembilan gol dihasilkan sejak pergantian tahun, rinciannya enam gol di liga dan tiga gol di Piala FA.

Sempat tenggelam di awal musim karena kesulitan bikin gol, apa kira-kira rahasia Iheanacho hingga seperti sekarang?

"Kelechi selalu berkontribusi. Mungkin dia sempat kurang pede tapi dia selalu bekerja keras setiap harinya, dan memberikan penampilan maksimalnya. Anda lihat saja kepercayaan dirinya sekarang. Dia lagi dalam penampilan terbaiknya," ujar Brendan Rodgers yang dikutip BBC Sport.

"Memang ada sedikit perubahan komposisi lini depan. Kelechi mungkin lebih baik diduetkan dengan pemain lain. Dua penyerang itu bekerja dengan sangat baik," sambungnya.

(mrp/aff)