Man City Rekrut Rocket Scientist, Buat Apa?

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 23 Mar 2021 21:30 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - NOVEMBER 29:  A corner flag is seen inside the stadium prior to the Premier League match between Manchester City and Southampton at Etihad Stadium on November 29, 2017 in Manchester, England.  (Photo by Dan Mullan/Getty Images)
Manchester City merekrut beberapa sport scientist. Foto: (Getty Images/Dan Mullan)
Manchester -

Manchester City merekrut beberapa rocket scientists. Mereka bakal bekerja untuk Departemen Data The Citizens.

Klub-klub kini berlomba-lomba untuk memanfaatkan teknologi dan data untuk membantu mereka meraih hasil optimal di lapangan. Salah satu klub yang begitu serius mengembangkan hal ini adalah Manchester City.

Man City baru saja merekrut beberapa rocket scientists. Salah satunya adalah Laurie Shaw, mantan astrofisikawan dan penasihat dari Departemen Keuangan.

Kepada Sportmail, City mengkonfirmasi bahwa perekrutan beberapa rocket scientists ini untuk melakukan pengembangan di departemen data mereka. Man City memang sengaja mencari orang dengan latar belakang fisika.

Rockets scientist dengan dasar ilmu fisika mereka memang kerap dipekerjakan di bidang pengumpulan data dan investasi. Para rockets scientist ini tak hanya bekerja untuk Man City tapi juga 10 klub yang termasuk dalam City Football Group (CFG).

CFG sebelumnya juga sudah bekerja sama dengan google mengembangkan artificial intelligence (AI) untuk bisa disimulasikan menjadi pemain dalam situasi pertandingan tertentu. Direktur dari Departemen Data dan Teknologi CFD, Brian Prestidge mengungkapkan teknologi ini dikembangkan untuk mengetahui seberapa efektif taktik yang bakal dikembangkan.

"Pengembangan sepak bola berbasis fisika adalah tempat untuk belajar melalui simulasi ... ini untuk menguji konsep taktik sehingga cukup kuat bagi pelatih berani mengambil keputusan mempertaruhkan karier mereka...," ujar Prestidge dikutip dari Daily Mail.

Belum lagi, City juga menjalin kerja sama dengan perusahaan software bernama Acronis. Program Acronis mampu merekam cuplikan pertandingan selama berjam-jam. Hal ini bisa digunakan untuk menyempurnakan algoritma dari AI yang disusun oleh City.



Simak Video "Euforia Suporter Chelsea dan Man City Jelang Final Liga Champions"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/aff)