Klopp: Jangan Paksa Van Dijk Lekas Comeback

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Minggu, 02 Mei 2021 19:00 WIB
Liverpools Virgil van Dijk, centre, is tackled and injured by Evertons goalkeeper Jordan Pickford, left, causing him to leave the match injured during the English Premier League soccer match between Everton and Liverpool at Goodison Park stadium, in Liverpool, England, Saturday, Oct. 17, 2020. (Laurence Griffiths/Pool via AP)
Virgil van Dijk cedera parah usai berbenturan dengan kiper Everton Jordan Pickford. (Foto: AP/Laurence Griffiths)
Jakarta -

Juergen Klopp kembali mewanti-wanti terkait peluang Virgil van Dijk ke Piala Eropa 2020. Ia berharap bek tim nasional Belanda itu tak diburu-buru agar comeback.

Virgil van Dijk mengalami cedera lutut parah pada Oktober lalu dan kini masih menjalani perawatan pemulihan. Liverpool telah memastikan bek 29 tahun itu tak akan tampil lagi di sisa musim ini, namun ada pembicaraan soal peluangnya bermain di Piala Eropa 2020.

Pelatih tim nasional Belanda Frank de Boer tidak terlalu berharap Virgil van Dijk bisa tampil di turnamen tunda tersebut. Namun ia juga akan sangat bersyukur jika sang kapten ternyata telah fit dan siap bermain.

Manajer Liverpool Juergen Klopp menegaskan kondisi Van Dijk saat ini masih jauh dari comeback. Ia tak mau menahan-nahan, keputusan akan berada di tangan mantan pemain Southampton tersebut sepenuhnya.

"Lututnya Virgil...saya tak mau menahan-nahan dia, tapi Anda tak bisa memaksakannya juga. Tidak bisa setelah 10-11 bulan menepi, berlatih seminggu, lalu bermain sepakbola. Itu enggak mungkin, seharusnya tak mungkin," kata Juergen Klopp.

"Tidak ada yang menahannya, saya bisa menjanjikan semua orang di tim nasional Belanda atau di manapun. Tapi kita tak bisa memaksakannya juga dan tidak akan melakukannya. Kita bicara soal seorang pemain dan kariernya."

"Dia cuma mencoba untuk fit secepat mungkin. Pada saat ini tidak ada yang tahu kapan persisnya dia bisa kembali. Tapi bisa dibayangkan akan sangat ketat jadwalnya dengan Piala Eropa, karena dia belum ikut latihan tim dan tidak akan gabung dalam beberapa pekan ke depan," imbuhnya soal Virgil van Dijk, seperti dikutip Sky Sports.

(raw/krs)