Edouard Mendy Gemilang Lawan Madrid, Petr Cech Ungkap Kuncinya

Yanu Arifin - Sepakbola
Kamis, 06 Mei 2021 15:40 WIB
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 04: Edouard Mendy of Chelsea in action during the UEFA Champions League Group E stage match between Chelsea FC and Stade Rennais at Stamford Bridge on November 04, 2020 in London, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Ben Stansall - Pool/Getty Images)
Kiper Chelsea, Edouard Mendy. (Foto: (Getty Images/Pool)
London -

Edouard Mendy menjadi salah satu alasan Chelsea bisa tampil apik dan maju ke final Liga Champions. Petr Cech mengungkap kunci sukses kiper The Blues itu.

Mendy menjadi pahlawan kemenangan 2-0 Chelsea atas Real Madrid di leg dua semifinal Liga Champions. Penyelamatannya membuat gawang Chelsea tetap aman, dan maju ke final Liga Champions.

Di Stamford Bridge, London, Inggris, Kamis (6/5/2021) dini hari WIB, Mendy membuat beberapa penyelamatan apik, di antaranya menepis peluang Karim Benzema di babak pertama, dan Eden Hazard di babak kedua.

Musim ini, Mendy bermain apik di bawah mistar gawang Chelsea. Didatangkan dari Rennes, ia bisa menggusur Kepa Arrizabalaga dari posisi penjaga gawang utama.

Kiper Senegal itu sudah membuat 24 clean sheet dari 41 penampilannya, dengan baru kebobolan 27 kali. Di Liga Champions sendiri, ia sudah mencatat 8 kali nirkebobolan dari 11 pertandingan, dengan baru kebobolan tiga kali.

Cech, eks kiper Chelsea yang jadi direktur olahraga klub, mengungkap kunci sukses penampilan Mendy. Ia memuji kinerja kiper 29 tahun itu.

"Dengan Edouard Mendy di belakang, dia benar-benar luar biasa sejauh ini. Semuanya sampai pada titik di mana tim bertahan dengan baik dan tidak memberikan banyak peluang," kata Cech kepada BT Sport.

"Ini musim pertamanya di Liga Champions, tapi dia berada pada usia yang baik untuk seorang penjaga gawang. Dengan cara apa adanya, serta kepribadiannya, dia sangat tenang dan dia ingin menjadi lebih baik setiap hari."

"Dia bekerja setiap hari, itu kunci baginya. Saya pikir tim di sekitarnya, Willy Caballero dan Kepa, mereka juga membantunya, memotivasinya, dan memastikan dia selalu siap. Saya pikir sejauh ini, ini musim yang luar biasa baginya," tutur Cech, yang juga membantu Chelsea juara Liga Champions pada 2012.

(yna/cas)