Klasemen Liga Inggris: Man City Juara, 4 Besar Masih Sengit

Tim detikcom - Sepakbola
Rabu, 12 Mei 2021 18:47 WIB
SHEFFIELD, ENGLAND - JULY 08: The premier league logo is seen on a match ball during the Premier League match between Sheffield United and Wolverhampton Wanderers at Bramall Lane on July 08, 2020 in Sheffield, England. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in all fixtures being played behind closed doors. (Photo by Peter Powell/Pool via Getty Images)
Klasemen Liga Inggris: Man City Juara, 4 Besar Masih Sengit. (Foto: Getty Images/Pool)
Jakarta -

Persaingan di klasemen Liga Inggris masih sengit, secara khusus perebutan posisi empat besar, walaupun Manchester City sudah dipastikan juara Premier League musim ini.

Kekalahan Manchester United atas Leicester City memastikan Man City tak lagi bisa dikejar di sisa musim. Gelar juara pun dipastikan jadi milik the Citizens.

Manchester City dan Manchester United sendiri, lewat raihan poin mereka, sudah dipastikan finis di empat besar untuk lolos ke Liga Champions musim depan lewat jalur posisi klasemen Liga Inggris.

Banner Man City Juara

Dengan musim mendekati akhir, persaingan berebut posisi di dua tempat tersisa dalam empat besar klasemen masih alot diperebutkan sejumlah tim seperti Leicester City, Chelsea, West Ham United, dan Liverpool. Bahkan Everton dan Tottenham Hotspur secara matematis masih bisa finis di posisi empat besar karena dapat melampaui Chelsea yang kini berada di posisi keempat.

Dengan Manchester City dan Chelsea akan berhadapan di final Liga Champions musim ini, dan Manchester United melawan Villarreal di final Liga Europa, apakah tim-tim yang finis di luar empat besar klasemen Liga Inggris jadi bisa lolos ke Liga Champions musim depan?

Tidak jika merujuk pada aturan UEFA saat ini. Disebutkan bahwa maksimal lima klub Inggris memang bisa tampil di Liga Champions, tapi Inggris takkan mendapat tempat ekstra di ajang itu jika pun, sebagai contoh, Chelsea juara Liga Champions dan finis empat besar. Jika Chelsea juara Liga Champions dan finis di luar empat besar, barulah jatah tiket ke Liga Champions akan didapat guna melengkapi ketentuan lima klub Inggris lolos ke Liga Champions musim depan.

Sejauh ini baru Man City dan Man United yang sudah dipastikan dapat tiket ke Liga Champions musim depan. Leicester dan Chelsea akan bersaing dengan ketatnya, dibayangi West Ham United dan Liverpool. Sementara Tottenham dan Everton, walaupun masih punya kans matematis, tetap akan lebih realistis untuk mendapatkan jatah ke Liga Europa musim depan.

Berikut klasemen Liga Inggris:

[Gambas:Opta]

(krs/cas)