Sebagus Apa sih Raphael Varane?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 27 Jul 2021 16:30 WIB
MOENCHENGLADBACH, GERMANY - OCTOBER 27: 
Raphael Varane of Mdrid runs with the ball during the UEFA Champions League Group B stage match between Borussia Moenchengladbach and Real Madrid at Borussia-Park on October 27, 2020 in Moenchengladbach, Germany. (Photo by Lars Baron/Getty Images)
Raphael Varane memang punya statistik mantap di Real Madrid musim lalu (Getty Images/Lars Baron)
Manchester -

Manchester United rela membayar mahal Raphael Varane meski kontraknya tinggal tersisa setahun di Real Madrid. Memangnya sebagus apa Varane?

Varane memang sudah lama jadi incaran MU, setidaknya sejak musim panas tahun lalu. Tapi, Varane rupanya belum ingin meninggalkan Madrid.

Nah, kebetulan kontrak Varane cuma sampai 2022 dan belum ada kesepakatan dengan manajemen Madrid. Oleh karenanya, MU yang melihat peluang itu tak pikir panjang segera mendekati Varane.

Setelah mencapai kata sepakat dengan si pemain, MU kemudian memberikan tawaran kepada Madrid senilai 41 juta paun dan diterima. Oleh karenanya, lampu hijau langsung diberikan kepada Varane untuk menuntaskan kepindahannya..

Harga yang terbilang mahal untuk pemain yang kontraknya tinggal menyisakan setahun lagi. Apalagi MU sebenarnya bisa mendapatkan Raphael Varane dengan cuma-cuma musim depan,

Tapi, MU tak mau menunggu lebih lama dan rela membayar sesuai keinginan Madrid. Buat MU, harga tersebut mungkin terlihat jika dibandingkan dengan pencapaian Varane selama memperkuat Madrid.

Varane meski baru berusia 28 tahun sudah punya sederet gelar bergengsi bersama Madrid. Sejak memperkuat klub itu pada 2011, Varane tampil 360 kali dengan torehan 17 gol.

Varane memberikan tiga gelar LaLiga, satu Copa del Rey, tiga Piala Super Eropa, empat Liga Champions, tiga Piala Super Eropa, dan empat Piala Dunia Antarklub.

Total 18 gelar di level klub itu disempurnakan dengan satu gelar Piala Dunia bareng Timnas Prancis di 2018. Varane adalah bek inti Madrid sekaligus Les Bleus.

Musim lalu ketika Madrid kehilangan Sergio Ramos yang bolak-balik cedera, Varane tampil luar biasa. Menurut catatan Squawka, Varane memimpin daftar statistik bek Madrid di LaLiga, dalam hal sapuan, sundulan, recoveries, memenangi duel udara, jumlan duel udara, total blok, dan memenangi bola.

Di Euro 2020, meski gagal membawa Prancis juara, Varane tidak dilewati oleh dribel lawan sama sekali. Dia juga punya persentase duel udara terbaik di LaLiga, yakni 79 persen.

Belum lagi Varane juga ada di posisi kedua di antara bek-bek LaLiga terkalt intersep dan memenangi duel. Jadi, menurut Anda, apakah Raphael Varane pantas jadi andalan baru lini belakang Manchester United?

(mrp/cas)