Alderweireld Tinggalkan Tottenham, Gabung Klub Qatar

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 27 Jul 2021 19:42 WIB
RAZGRAD, BULGARIA - NOVEMBER 05: Toby Alderweireld of Tottenham Hotspur in action during the UEFA Europa League Group J stage match between PFC Ludogorets Razgrad and Tottenham Hotspur at Ludogorets Arena on November 5, 2020 in Razgrad, Bulgaria. (Photo by Srdjan Stevanovic/Getty Images)
Toby Alderweireld tinggalkan Tottenham dan gabung klub Qatar (Getty Images/Srdjan Stevanovic)
London -

Toby Alderweireld mengucapkan salam perpisahan kepada Tottenham Hotspur. Alderweireld akan bermain di klub Liga Qatar Al-Duhail musim ini.

Alderweireld rupanya sudah sejak pekan lalu terbang ke Doha, Qatar, untuk mengadakan negosiasi dengan klub Qatar tersebut. Kabarnya Tottenham sudah rela melepas bek 32 tahun itu.

Kesepakatan bernilai 13 juta euro sudah dicapai dan Tottenham mengumumkannya secara resmi per Selasa (27/7/2021) malam WIB.

"Kami sudah mencapai kata sepakat dengan klub Qatar Al-Duhail untuk transfer Toby Alderweireld," ujar pernyataan resmi Tottenham.

"Kami mendoakan yang terbaik untuk Toby ke depannya."

Dengan demikian Toby Alderweireld mengakhiri masa enam tahun pengabdiannya sebagai pemain Tottenham. Dibeli dari Atletico Madrid pada 2015, Alderweireld langsung jadi bagian inti dari pertahanan Tottenham.

Duetnya bersama Jan Vertonghen jadi tembok kukuh di depan kiper Hugo Lloris. Alderweireld tampil 236 kali di seluruh kompetisi dengan 243 penampilan dan sembilan gol.

Setelah Vertonghen memutuskan pergi musim lalu, kini giliran Alderweireld. Dia pun mengaku berat meninggalkan Tottenham dan berterima kasih atas pengalaman menyenangkan selama di sana.

"Enam tahun, dua rumah, final Liga Champions, dan banyak lagi," ujar Alderweireld membuka surat perpisahan di akun twitternya.

"Anda membuat saya merasa seperti di rumah sedari awal menginjakkan kaki di White Hart Lane, dalam kondisi apapun, hingga kami pindah ke stadion yang baru."

"Terima kasih saya ucapkan kepada fans dan rekan-rekan saya, serta seluruh staf, pendukung, dan semua yang ada di Spurs. Klub ini akan selalu ada di hati saya dan keluarga. Love, Toby."

Sebagai pengganti Toby Alderweireld, Tottenham sedang mengupayakan kepindahan Cristian Romero dari Atalanta.

(mrp/yna)