City Beli Grealish 'Cuma' 40 Juta Paun Kok

ADVERTISEMENT

City Beli Grealish 'Cuma' 40 Juta Paun Kok

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 07 Agu 2021 03:05 WIB
BIRMINGHAM, ENGLAND - MAY 23: Jack Grealish of Aston Villa looks on during the Premier League match between Aston Villa and Chelsea at Villa Park on May 23, 2021 in Birmingham, England. A limited number of fans will be allowed into Premier League stadiums as Coronavirus restrictions begin to ease in the UK following the COVID-19 pandemic. (Photo by Clive Mason/Getty Images)
Jack Grealish sebenarnya cuma berharga 40 juta paun (Getty Images/Clive Mason)
Manchester -

Pep Guardiola angkat bicara soal harga 100 juta paun Jack Grealish. Menurut Guardiola, Manchester City justru cuma mengeluarkan lebih sedikit. Berapa memang?

Untuk mendatangkan Grealish, City harus memcahkan rekor transfer di Inggris sekaligus menjadikannya pemain Britania Raya termahal. Uang 100 juta paun atau hampir Rp 2 triliun dikeluarkan untuk Grealish.

City mengontrak Grealish hingga 2026 dan bahkan menggajinya sampai lebih dari 300 ribu paun per pekan. Ini membuktikan kalau Grealish adalah masa depan City.

Meski demikian, ada juga yang mempertanyakan harga Grealish yang selangit, mengingat dia belum berkontribusi apapun dalam hal trofi juara. Grealish dipuja-puja hanya karena dia mampu mengangkat Aston Villa musim lalu.

Apalagi City sebenarnya lebih butuh penyerang baru pengganti Sergio Aguero, ketimbang Grealish. Terkait pertanyaan soal harga mahal Grealish, Guardiola angkat bicara.

Menurut Guardiola, City sebenarnya mendatangkan Grealish dengan harga lebih murah dari yang disebut Villa. Sebab, City sebelumnya sudah mendapatkan sekitar 60 juta paun dari penjualan beberapa pemain mudanya seperti Angelino (13 juta paun), Jack Harrison (13 juta paun), Lukas Nmecha (8,5 juta paun), dan Ivan Ilic (8 juta paun).

Ditambah City juga mendapat uang 11 juta paun sebagai bagian dari penjualan Jadon Sancho ke Manchester United. Sancho kebetulan adalah didikan akademi City. Itu belum menghitung pendapatan City dari penjualan Leroy Sane ke Bayern Munich senilai 48 juta paun, yang dimasukkan ke laporan keuangan 2020.

Jika ditotal, City sebenarnya hanya mengeluarkan uang tunai sekitar 40 juta euro atau hampir Rp 800 miliar.

"Kami cuma mengeluarkan uang 40 juta euro untuk Jack Grealish. Kami memang membayar 100 juta paun, tapi mendapat pemasukan 60 juta paun," tutur Pep Guardiola seperti dikutip Manchester Evening News.

"Ini adalah keputusan klub, bersama dengan manajer. Dia adalah pemain untuk 5-6 tahun ke depan. Transfer ini terjadi karena kami menjual dulu pemain. Tanpa pemasukan 60 juta paun, kami tidak bisa melakukan ini, dan kami senang untuk terus melakukan ini," sambungnya.

(mrp/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT