Bagus Banget, Chelsea!

Adhi Prasetya - Sepakbola
Minggu, 15 Agu 2021 07:20 WIB
LONDON, ENGLAND - AUGUST 14: Marcos Alonso of Chelsea celebrates with Jorginho and teammates after scoring their sides first goal during the Premier League match between Chelsea and Crystal Palace at Stamford Bridge on August 14, 2021 in London, England. (Photo by Henry Browne/Getty Images)
Chelsea meraih kemenangan atas Crystal Palace di pekan pertama Liga Inggris musim ini. Foto: Getty Images/Henry Browne
London -

Chelsea berhasil menyikat Crystal Palace 3-0 di Liga Inggris musim ini. Jorginho dkk tampil nyaris tanpa cela untuk meraih tripoin perdana di musim ini.

Stamford Bridge yang kembali penuh dengan suporter menjadi saksi tangguhnya Chelsea pada Sabtu (14/8/2021). Crystal Palace dibuat kalang kabut tak berdaya. Jangankan menyerang, menjaga pertahanan pun The Eagles kewalahan.

Dua sisi sayap berhasil dibongkar habis-habisan oleh Chelsea, terutama lewat dua full-back Marcos Alonso dan Cesar Azpilicueta. Bahkan semua gol Chelsea di laga ini berasal dari area tersebut.

Pelanggaran Tyrick Mitchell kepada Mason Mount di sisi kiri pertahanan Crystal Palace berbuntut tendangan bebas, yang sukses dieksekusi Alonso menjadi gol pertama. Gol kedua lewat Christian Pulisic juga berawal dari crossing Mount.

Sementara gol ketiga dari Trevoh Chalobah diawali perpindahan arah serangan dari kiri ke kanan, saat Mateo Kovacic mengumpan kepada Chalobah. Selanjutnya pemain kelahiran Sierra Leone itu mendapat ruang kosong di sisi kanan, dan mengambil keputusan jitu untuk langsung menembaknya.

Total, ada 13 tembakan yang dilepaskan Chelsea, enam mengarah ke gawang, dan tiga berbuah gol. Ganasnya serangan Chelsea diimbangi pula dengan pertahanan yang rapi.

Crystal Palace hanya punya satu tembakan ke gawang Chelsea yang dijaga Edouard Mendy, sampai-sampai kiper Senegal itu tak terlihat banyak bekerja. Bahkan, skuad asuhan Patrick Vieira itu sama sekali tak melepaskan tembakan di babak pertama.

Tuchel pun mengapresiasi permainan anak-anak asuhnya. Apalagi tengah pekan lalu Chelsea baru saja bertanding di Piala Super Eropa melawan Villarreal.

"Tak ada yang sempurna. Selalu ada sesuatu yang bisa diperbaiki. Mengingat kami menghadapi laga ini usai bertanding pada Rabu lalu, perjalanan yang panjang dan cuaca yang panas hari ini, ada sejumlah pemain yang kami dorong melewati batas dalam urusan menit bermain dan persiapan fisik," kata Tuchel kepada BBC.

"Laga berjalan baik dari awal sampai akhir, kami pantas jadi pemenang. Luar biasa untuk tim, mereka tampil baik dan bisa mengatasi kelelahan.

"Kami cukup tajam. Situasinya jadi terlihat lebih mudah dari yang sebenarnya. Beberapa pemain tampil 120 menit pada Rabu lalu dan mereka tetap bisa maju. Kami memasang standar setinggi mungkin. Benar-benar upaya tim yang begitu besar," jelas Tuchel soal performa Chelsea.

The Blues akan mencoba melanjutkan kemenangan di Liga Inggris saat menghadapi Arsenal di pekan kedua pada 22 Agustus mendatang.

[Gambas:Opta]

(adp/bay)