Edouard Mendy Lebih 'Sibuk', Perasaan Tuchel Campur Aduk

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Minggu, 19 Sep 2021 19:40 WIB
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 11: Edouard Mendy of Chelsea during the Premier League match between Chelsea  and  Aston Villa at Stamford Bridge on September 11, 2021 in London, England. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Edouard Mendy jadi andalan di bawah mistar gawang Chelsea (Foto: Getty Images/Catherine Ivill)
London -

Edouard Mendy musim ini lebih 'sibuk' di bawah mistar gawang Chelsea. Meski senang Mendy bisa diandalkan, Thomas Tuchel menyimpan sedikit kekhawatiran.

Edouard Mendy sudah melakukan 16 kali penyelamatan dalam empat pertandingan Chelsea di Premier League musim ini. Padahal musim lalu, Mendy melakukan 28 kali penyelamatan dalam 16 penampilan selama ditangani Tuchel.

Dari 16 penyelamatan di Premier League musim ini, 11 di antaranya adalah dari tembakan di dalam kotak penalti. Angka itu sudah melebihi catatan musim lalu yakni 10 penyelamatan.

Sejauh ini, Mendy memang baru kebobolan satu gol. Itu pun dari penalti Mohamed Salah saat Chelsea bermain imbang 1-1 melawan Liverpool.

Thomas Tuchel memang senang dengan performa apik Edouard Mendy. Namun, meningkatnya jumlah penyelamatan kiper asal Senegal itu berarti Chelsea memberi lawan lebih banyak peluang mencetak gol.

"Saya tidak terlalu suka ketika dia disorot. Saya lebih suka ketika dia dapat pujian dari kami untuk penyelamatan satu lawan satu, untuk konsentrasinya, mendorong baris pertahanan lebih tinggi, dan menyapu bola sebagai sweeper," ujar Tuchel seperti dilansir situs resmi klub.

"Kalau dia tidak terlihat oleh penonton di stadion, maka saya sangat senang. Itu berarti kami tidak membiarkan lawan dapat banyak peluang."

"Dia jadi sorotan dalam beberapa pertandingan terakhir dan di satu sisi itu bukan perasaan yang paling memuaskan untuk pelatih. Di sisi lain, ini karena kami bisa mengandalkannya. Kami harus menerima fakta bahwa saat ini tidak terlalu mudah. Saya bahkan suka pertandingan sulit dan momen berat karena itu menajamkan mental kami," kata Tuchel.

Chelsea saat ini menempati peringkat empat klasemen Liga Inggris dengan 10 poin dari empat laga. Chelsea selanjutnya akan tandang ke markas Tottenham Hotspur, Minggu (19/9/2021) malam WIB.

(nds/cas)