Ada Peran Makelele di Balik Perkembangan Pesat Chalobah

Putra Rusdi K - Sepakbola
Kamis, 23 Sep 2021 15:12 WIB
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 11: Trevor Chalobah of Chelsea during the Premier League match between Chelsea  and  Aston Villa at Stamford Bridge on September 11, 2021 in London, England. (Photo by Eddie Keogh/Getty Images)
Ada peran Claude Makelele di balik perkembangan pesat Trevoh Chalobah (Foto: Getty Images/Eddie Keogh)
London -

Ada peran Claude Makelele di balik perkembangan pesat dari Trevoh Chalobah. Masukan Makelele membuat Chalobah jadi bek yang lengkap.

Nama Trevoh Chalobah mulai mencuat bersama Chelsea di awal musim ini. Bek 22 tahun mulai mendapat kepercayaan manajer Chelsea, Thomas Tuchel mengawal lini pertahanan. Chalobah sudah tampil dalam lima laga Chelsea di musim dengan telah menyumbang satu gol.

The Blues sebenarnya sempat disebut ingin mendatangkan bek tengah baru pada bursa transfer musim panas ini. Jules Kounde dikabarkan jadi bidikan utama.

Namun hingga bursa transfer ditutup, Chelsea tak mendaratkan bek tengah anyar. Keputusan Chelsea tidak mendatangkan bek anyar ini dilaporkan juga tak lepas dari perkembangan pesat Chalobah. Chelsea ingin memberikan kesempatan lebih banyak untuk pemain yang punya keturunan Sierra Leone tersebut.

Di balik perkembangan yang begitu baik dari Chalobah ini ternyata ada peran dari legenda Chelsea, Claude Makelele. Makelele yang kini menduduki jabatan sebagai Technical Mentor di Chelsea banyak memberikan masukan ke Chalobah terutama saat dipinjamkan ke Lorient musim lalu.

Sebagai Technical Mentor, Makelele memang punya tugas untuk mengembang potensi para pemain muda Chelsea. Ia menganalisa pertandingan para pemain akademi dan pemain pinjaman sebelum kemudian memberi masukan kepada mereka.

Bimbingan Makelele ini membuat Chalobah tak hanya tangguh dalam bertahan, tapi juga punya peran baik saat membangun serangan.

Hal tersebut diungkapkan oleh penulis asal Prancis, Matt Spiro, yang menulis buku "From Zidane to Mbappe, A Football Journey". Spiro banyak memantau Chalobah kala bermain di Lorient.

"Apa yang mengesankan adalah kemampuannya untuk meju ke depan baik dari posisi awal di pertahanan atau dari lini tengah. Dia bisa menerobos antar lini dan memulai serangan balik. Itu adalah sesuatu yang dia kerjakan dengan Claude Makelele," ujar Spiro dikutip dari Mirror.

"Dia tidak dibicarakan di media nasional (Prancis), Namun, dia benar-benar sukses di Lorient dan, pada paruh kedua musim, menjadi bagian yang sangat penting dari barisan belakang mereka untuk membantu mereka tetap bertahan," jelasnya.

Bersama Lorient, Chalobah tampil dalam 29 pertandingan di Ligue 1 2020/2021 dengan torehan dua gol dan dua assist. Ia membantu Lorient terhindari dari degradasi dengan duduk di posisi ke-16.



Simak Video "Misi Balas Dendam Guardiola untuk Chelsea-nya Tuchel"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/krs)