Ansu Fati Tak Terbebani Jersey Nomor 10 Barcelona

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 21 Okt 2021 22:35 WIB
Barcelonas Ansu Fati during the Spanish La Liga soccer match between FC Barcelona and Valencia at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Sunday, Oct. 17, 2021. (AP Photo/Joan Monfort)
Ansu Fati tak terbebani jersey nomor 10 Barcelona (AP/Joan Monfort)
Barce -

Jersey nomor 10 Barcelona sudah kadung identik dengan Lionel Messi. Tapi, Ansu Fati sebagai penerusnya tidak merasa terbebani.

Messi melepaskan jersey tersebut musim panas ini ketika kontraknya tak diperpanjang, karena masalah keuangan Barcelona. Kepergian Messi tentu merugikan Barcelona.

Sebab, Messi adalah segalanya untuk Barcelona dan pemain Argentina itu sudah jadi legenda hidup klub. Bagaimana tidak, Messi sudah mencetak lebih dari 600 gol dan memberikan lebih dari 30 trofi selama 17 tahun berseragam biru-merah.

Maka dari itu, sempat jadi perdebatan apakah jersey nomor 10 Barcelona bisa dipensiunkan demi Messi. Karena aturan LaLiga melarang itu, maka Ansu Fati ditunjuk sebagai penerusnya.

Ansu Fati memang sudah digadang bakal jadi bintang baru Los Cules setelah mentas ke tim utama dua tahun lalu. Kemampuannya sebagai penyerang tengah memang diakui.

Maka wajar jika Barcelona berani mewariskan jersey nomor 10 untuk Ansu Fati musim ini. Tapi, di satu sisi, jersey itu bisa jadi beban karena Ansu Fati masih muda dan kontribusinya sempat terhambat cedera ligamen lutut yang membuatnya absen panjang.

Apalagi Barcelona baru saja memagari Ansu Fati dengan kontrak baru berklausul Rp 16 triliun, yang boleh jadi kian membebaninya. Meski demikian, Ansu Fati santai saja memakai nomor 10 dan siap membantu tim dengan cara apapun.

"Memang betul bahwa jersey nomor 10 dipakai Leo Messi dan banyak pemain, tapi saya sih santai saja. Saya tahu apa yang bisa saya lakukan di tim ini," ujar Ansu Fati seperti dikutip ESPN.

"Saya tidak merasa itu tekanan. Tidak ada yang bakal jadi seperti Leo, tidak akan ada yang bakal seperti Puyol atau Xavi. Tidak seorang pun bisa menyamai apa yang Leo sudah lakukan. Saya punya jalan sendiri. Saya belum apa-apa saat ini. Saya berharap bisa punya karier seperti mereka," sambungnya.

"Siapapun bisa memakai nomor 10. Saya merasa bangga kapten menawarkan saya nomor itu dan untungnya saya bisa mendapatkannya. Ini jadi motivasi tambahan untuk saya. Saya tidak peduli nomor, tapi fokus untuk membantu tim."

(mrp/krs)