Brighton Vs Man City: Foden 2 Gol, Citizens Menang 4-1

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Minggu, 24 Okt 2021 01:26 WIB
Jakarta -

Penampilan dominan Manchester City di babak pertama memastikan kemenangan 4-1 atas Brighton & Hove Albion. Tiga gol dibuat Citizens di periode tersebut.

Manchester City bertandang ke Amex Stadium, Sabtu (23/10/2021) malam WIB dalam lanjutan Liga Inggris. The Citizens tampil sangat dominan di babak pertama dan sudah unggul 3-0 saat turun minum.

Ilkay Guendogan membuka skor di menit ke-13, lalu disusul dua gol dari Phil Foden pada menit ke-28 dan 31. Tapi Brighton & Hove Albion bangkit di babak kedua dan merepotkan Man City.

Brighton menipiskan ketertinggalan di menit ke-81 dari eksekusi penalti Alexis Mac Allister. Namun kemudian Man City berhasil menambah gol di masa injury time lewat Riyad Mahrez dan mengunci kemenangan 4-1.

Dengan hasil ini, Man City sementara naik ke posisi dua klasemen Liga Inggris dengan 20 poin dari sembilan laga. Sementara Brighton tertahan di urutan empat dengan 15 poin.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Manchester City langsung mengontrol jalannya pertandingan selepas sepak mula. Tim tamu mendesak Brighton di areanya sendiri.

Peluang di menit ketujuh buat Man City. Joao Cancelo menjemput bola dari Jack Grealish dan melepaskan sepakan yang membentur Solly March. Robert Sanchez bereaksi dengan sigap dan menepis bola.

Nyaris! Man City hampir mencetak gol di menit ke-11 lewat serangan dari sisi kanan. Sepakan Gabriel Jesus sempat disentuh Sanchez, tapi masih mengarah ke gawang. Lewis Dunk datang di saat terakhir untuk menyapu bola di garis gawang.

GOL! Man City benar-benar mencetak gol di menit ke-13. Sepakan Phil Foden membentur pemain Brighton dan melambung. Sanchez coba menangkap bola, berebut dengan Gabriel Jesus, namun gagal.

Bola liar disepak Bernardo Silva ke arah gawang lalu dicocor Ilkay Guendogan dari jarak dekat. Pemain Brighton sempat protes karena menilai Sanchez mendapatkan gangguan dari Jesus, tapi Video Assistant Referee (VAR) menyatakan tak ada pelanggaran.

Brighton sempat menebar ancaman di menit ke-17 melalui Leandro Trossard. Namun sepaknnya masih melebar ke kiri gawang,

Peluang buat Man City di menit ke-19. Phil Foden lolos usai menerima umpan Grealish dan tinggal menghadapi kiper. Namun Sanchez maju di saat yang tepat dan memotong bola untuk mengamankannya.

Ancaman lain buat Brighton semenit berselang. Sepakan Grealish dihalau dan jatuh ke kaki Jesus. Penyerang asal Brasil itu mengarahkan tendangan mendatar ke pojok kiri gawang, yang masih bisa ditepis oleh Sanchez.

GOL! Man City unggul 2-0 di menit ke-28 dari serangan cepat. Grealish berlari bebas di sisi kiri setelah menerima umpan dari Silva. Sempat menahan bola, Grealish kemudian menyodorkan bola ke Foden di kanan, yang menuntaskannya ke dalam gawang.

GOL! Man City memperlebar keunggulan di menit ke-31. Tembakan Grealish dari kiri dihalau oleh kiper dan bola pantulan disambar Jesus. Sepakannya sempat membentur Foden dan berakhir di pojok kiri gawang. Foden mendapatkan kredit atas gol tersebut.

Sebuah kesalahan dari Rodri membuat bola hilang di area pertahanan Man City pada menit ke-43. Brighton membangun serangan dan sepakan dari March dihalau Ederson, sebelum kemudian ditangkap.

Man City sempat mendapatkan peluang di penghujung babak pertama. Foden menyambar sodoran dari Guendogan ke arah pojok kiri gawang, tapi masih bisa ditangkap Sanchez. Babak pertama tuntas.

Man City menjaga tekanan di babak kedua. Sepakan keras Cancelo dari tepi kotak penalti membentur Dunk dan melesat ke samping kanan gawang.

Brighton balas mengancam di menit ke-55. Umpan silang Trossard diterima Pascal Gross di tengah kotak penalti dan diakhiri dengan tendangan memutar. Masih bisa dihentikan oleh Ederson.

Brighton pelan-pelan merebut kendali permainan dari Man City. Peluang lain dari tuan rumah di menit ke-58 melalui tusukan Trossard di kiri, namun tembakannya tepat mengarah ke kiper.

Nyaris Man City kebobolan di menit ke-61. Trossard lolos di sisi kiri usai menerima umpan dari Jakub Moder. Tembakan kerasnya ditepis Ederson, lalu bola meluncur tipis di atas mistar gawang.

Tekanan Brighton melahirkan peluang lain di menit ke-74. Lamptey merebut bola dari Grealish dan mengoper ke March. March menusuk dari kanan dan melepaskan tembakan, tapi melambung.

Penalti! Usaha Brighton membuahkan hasil kala Mwepu diganjal Ederson di kotak penalti dan wasit memutuskan pelanggaran. Alexis Mac Allister maju sebagai eksekutor dan mengarahkan tembakan ke kanan yang tak mampu dihentikan Ederson.

Man City sempat mendapatkan kesempatan menambah gol di menit ke-89. Foden menusuk dari kiri, tapi sepakannya dihalau dengan gemilang oleh Sanchez.

GOL! Man City menambah gol di masa injury time memanfaatkan kesalahan Brighton. Tuan rumah kehilangan bola di pertahanan sendiri, bola kemudian dikuasai Fernandinho, dioper ke Foden, lalu diteruskan ke Riyad Mahrez. Mahrez menaklukkan Sanchez dan memastikan kemenangan 4-1.

Susunan pemain:

Brighton & Hove Albion: Robert Sanchez; Joel Veltman, Lewis Dunk, Dan Burn (Tariq Lamptey 57'), Marc Cucurella; Pascal Gross, Jakub Moder, Adam Lallana (Alexis Mac Allister 72'), Solly March; Leandro Trossard, Neal Maupay (Enock Mwepu 58')

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Joao Cancelo; Bernardo Silva, Rodri, Ilkay Gundogan (Fernandinho 75'); Gabriel Jesus (Riyad Mahrez 87'), Jack Grealish (Kevin de Bruyne 77'), Phil Foden

(raw/ran)