Fans Arsenal Mestinya Malu dengan Arsene Wenger!

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 11 Nov 2021 16:00 WIB
MADRID, SPAIN - MAY 03:  Arsene Wenger, Manager of Arsenal looks dejected during the UEFA Europa League Semi Final second leg match between Atletico Madrid  and Arsenal FC at Estadio Wanda Metropolitano on May 3, 2018 in Madrid, Spain.  (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Arsene Wenger didesak fans mundur menjelang akhir jabatannya di Arsenal. (Foto: Catherine Ivill/Getty Images)
London -

Arsene Wenger diperlakukan tidak hormat oleh mayoritas fans Arsenal menjelang akhir jabatannya sebagai manajer. Kini, Gooners semestinya malu akan hal itu.

Arsenal menjelma menjadi raksasa Premier League sejak Wenger menduduki jabatan manajer pada 1996. Sebanyak 17 gelar berhasil dipersembahkan, termasuk tiga titel Liga Inggris.

Wenger bahkan mencatatkan prestasi yang sulit ditandingi manajer mana pun. The Professor membawa Arsenal juara Liga Inggris 2003/2004 dengan status invincible alias tak terkalahkan!

Musim 2003/2004 menjadi kesuksesan terakhir Wenger di Premier League bersama Arsenal. Dia selanjutnya gagal mengantarkan Meriam London ke tangga juara liga, serta kalah bersaing dengan Manchester United, Chelsea, hingga Manchester City.

Kendati Wenger masih tetap menghadirkan trofi Piala FA di tahun 2005, 2014, 2015 dan 2017, tapi hal itu tidak memuaskan fans Arsenal. Gooners (sebutan fans Arsenal) menuntut Wenger mundur dan mengkampanyekan #WengerOut di media sosial.

Banner #WengerOut juga dikibarkan suporter di tribun, hingga diterbangkan pesawat di atas stadion. Tuntutan pengunduran diri Wenger semakin meluas berkat popularitas ArsenalFanTV, kanal Youtube fans Arsenal yang banyak menyuarakan pandangan negatif kepada The Professor.

Desakan dari fans membuat Arsene Wenger mundur dari Arsenal pada akhir musim 2017/2018. Pria Prancis itu mengakhiri masa jabatan di klub yang sudah dia latih selama 22 tahun.

Perlakuan yang diterima Wenger di akhir masa jabatannya di Arsenal mendapat sorotan dari eks manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson. Dia menyesalkan sikap Gooners yang mendesak Wenger mundur dari jabatannya.

Arsenal bahkan sulit bersaing lagi di empat besar Liga Inggris selepas mundurnya Arsene Wenger. The Gunners pun sudah absen di Liga Champions sejak musim 2016/2017.

"Dia menjaga mereka bermain di Eropa setiap tahun, tapi dia tetap saja dikritik. Para penggemar seharusnya malu," kata Ferguson dalam film dokumenter 'Arsene Wenger:Invincible' yang akan rilis Kamis (11/11/2021), dikutip dari Daily Star.

"Arsene dan saya sendiri adalah dinosaurus, tapi kami tidak melakukannya dengan buruk. Saya memenangkan 13 liga tetapi saya tidak pernah hampir melewati musim tak terkalahkan. Pencapaian itu berdiri di atas segalanya dan itu adalah milik Arsene," pungkasnya.

(bay/krs)