Aston Villa Vs Brighton: The Villans Menang di Debut Steven Gerrard

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Minggu, 21 Nov 2021 00:23 WIB
Birmingham -

Steven Gerrard mengawali debutnya sebagai manajer di Premier League dengan manis. Aston Villa asuhannya mengalahkan Brighton & Hove Albion 2-0.

Ditunjuk sebagai pengganti Dean Smith, Gerrard mengawal Villa saat menjamu Brighton di Villa Park, Sabtu (20/11/2021) malam WIB. Ini jadi laga perdana Gerrard yang wajib membawa Villa keluar dari rentetan hasil buruk.

Menurunkan Ollie Watkins dan Danny Ings di lini depan, Villa kesulitan menghadapi Brighton yang bermain rapat di lini belakang. Villa kalah penguasaan bola, 37 persen berbanding 63 persen milik Brighton.

Brighton sepanjang babak pertama lebih menggigit serangannya dan beberapa kali merepotkan pertahanan Villa. Kiper Emiliano Martinez harus bekerja keras.

Setelah berimbang tanpa gol di babak pertama, Villa melakukan pergantian pemain dengan memainkan Leon Bailey pada menit ke-66 dan Ashley Young pada menit ke-74.

Emiliano Buendia dan Danny Ings yang memperlambat tempo permainan di babak pertama diganti. Hasilnya Villa menjebol jala Brighton pada menit ke-84 sekaligus memecah kebuntuan.

Berawal dari serangan balik, Young memegang bola untuk kemudian menyodorkannya kepada Watkins di sisi kiri. Watkins menggiring bola mendekati kotak penalti, dan langsung menembak ke tiang usai melakukan cut-in... gol untuk Villa 1-0!

Aston Villa's Ollie Watkins celebrates scoring the opening goal with Leon Bailey during the Premier League match at Villa Park, Birmingham, Britain, Saturday Nov. 20, 2021.  (Bradley Collyer/PA via AP)Steven Gerrard merayakan kemenangan perdana sebagai manajer Aston Villa Foto: AP/Bradley Collyer

Kapten Tyrone Mings memperbesar skor jadi 2-0 di menit ke-89 saat menyambar bola rebound hasil sapuan bek Brighton yang kurang sempurna di kotak penalti.

Villa pun menang 2-0 di akhir laga sekaligus menyudahi rentetan lima kekalahan beruntun sebelumnya. Tim asal Birmingham itu pun memberikan kemenangan di laga perdana Steven Gerrard sebagai manajer.

Tiga poin membuat Aston Villa naik ke posisi ke-15 klasemen Liga Inggris dengan 13 poin dari 12 pertandingan, unggul empat poin dari Burnley di posisi ke-18 alias batas akhir zona degradasi.

(mrp/pur)