ADVERTISEMENT

Jorginho Bangkit dari Keterpurukan, Selamatkan Chelsea dari Kekalahan

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 29 Nov 2021 09:10 WIB
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 28: Jorginho of Chelsea celebrates after scoring their sides first goal from the penalty spot during the Premier League match between Chelsea and Manchester United at Stamford Bridge on November 28, 2021 in London, England. (Photo by Clive Rose/Getty Images)
Jorginho mencetak gol lagi dari penalti. Foto: Getty Images/Clive Rose
London -

Jorginho hampir saja jadi pesakitan saat Chelsea menjamu Manchester United. Namun gelandang asal Italia itu berhasil bangkit dan menyelamatkan The Blues dari kekalahan.

Di Stamford Bridge, Minggu (28/11/2021) malam WIB, Jorginho melakukan blunder di menit ke-50. Menjadi pemain terakhir di lini belakang, ia hendak mengambil bola lambung yang masuk ke area pertahanan Chelsea, namun gagal mengontrolnya dengan baik.

Ada dua pemain MU yang berlari mengepung Jorginho saat itu, salah satunya Jadon Sancho. Pemuda 21 tahun itu berhasil merebut bola dan menggiringnya ke kotak penalti, untuk kemudian menjebol gawang Edouard Mendy.

Jorginho tak bisa menyembunyikan kekecewaannya saat itu. Ia frustrasi karena telah membuat kesalahan. Namun pemain berdarah Brasil itu tak patah semangat dan terus membantu tim mencari gol penyeimbang. Jalan untuk menebus dosa pun hadir di menit ke-67.

Aaron Wan-Bissaka melanggar Thiago Silva di kotak penalti MU, dan wasit tak ragu menunjuk titik putih. Jorginho maju sebagai penendang, dan sukses mengecoh David De Gea yang salah menebak arah bola. Chelsea pun selamat dari kekalahan.

Chelsea's Jorginho, right, scores his side's first goal from the penalty spot during the English Premier League soccer match between Chelsea and Manchester United at Stamford Bridge stadium in London, Sunday, Nov. 28, 2021. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)Jorginho (kanan) mencetak gol lewat tendangan penalti. Foto: AP/Kirsty Wigglesworth

Secara keseluruhan, Jorginho sebetulnya tak tampil jelek di laga tersebut. Ada 3 intersep yang ia buat, juga 2 tekel sukses, dan 87 persen akurasi umpan dari 68 percobaan. Manajer Chelsea Thomas Tuchel pun memuji Jorginho yang tetap fokus meski baru membuat kesalahan.

"Sangat tidak biasa, melakukan kesalahan seperti itu lalu kebobolan, apalagi dilakukan oleh Jorgi. Saya pikir dia salah membaca situasi, dan sangat terganggu dengan cahaya lampu stadion, jadi dia tak melihat bolanya," ujar Tuchel, dikutip situs resmi Chelsea.

"Tapi butuh keberanian besar dan kepribadian luar biasa untuk tetap fokus dan tak terpengaruh selama pertandingan, lalu mengambil penalti untuk menyamakan kedudukan di momen krusial. Saya sangat senang dia berhasil," jelas Tuchel.

(adp/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT