Jorginho Dibela, Jorginho Dicerca

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Senin, 29 Nov 2021 10:45 WIB
Chelseas Jorginho celebrates after scoring his sides first goal during the English Premier League soccer match between Chelsea and Manchester United at Stamford Bridge stadium in London, Sunday, Nov. 28, 2021. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Blunder lawan Man United, Jorginho dibela tapi juga dicerca. (Foto: AP/Kirsty Wigglesworth)
London -

Pelatih Chelsea Thomas Tuchel membela Jorginho karena melakukan blunder saat melawan Manchester United. Namun, Jorginho juga dikritik oleh legenda Chelsea.

Bermain di Stamford Bridge, Minggu (28/11/2021), the Blues menyerang MU sejak menit awal. Alih-alih mencetak gol, Chelsea justru kebobolan lebih dulu setelah Jadon Sancho menembus kawalan Edouard Mendy di awal babak kedua.

Gol MU itu tidak lepas dari kesalahan Jorginho karena gagal mengontrol bola umpan Bruno Fernandes sehingga bisa direbut Sancho. Meski demikian, gelandang Italia itu menebus dosa dengan mencetak gol balasan dari titik putih setelah MU dihukum penalti menyusul pelanggaran Aaron Wan-Bissaka terhadap Thiago Silva.

Tuchel mengatakan, blunder Jorginho dipengaruhi oleh sorot lampu stadion. Tuchel juga memuji keberanian pemainnya itu saat mengambil tendangan penalti.

"Itu tadi adalah sebuah kesalahan yang tidak biasa dan kemasukan sebuah gol seperti ini bagi kami secara umum, terutama dengan Jorgi," sahut Tuchel dikutip Metro. "Dia salah menilai situasinya dan sangat terganggu dengan cahaya lampu sehingga tidak melihat bolanya dengan jelas. Itu memang terjadi."

"Butuh keberanian dan kepribadian yang besar agar tidak terpengaruh selama pertandingan dan memiliki keberanian untuk mengambil penalti demi mencetak gol penyama di momen krusial."

Namun demikian, mantan striker top Chelsea Jimmy Floyd Hasselbaink tidak terkesan dengan Jorginho. Menurut Hasselbaink, Jorginho arogan.

"Dia seharusnya membacanya, dia seharusnya mengoper bolanya ke belakang. Anda tidak bisa mengambil risiko itu dan kalau Anda melakukannya itu harus berhasil. Saya setuju dengan Roy [Keane], itu bukannya sedikit arogan... itu arogan," sembur dia saat menjadi komentator di Sky Sports.

"Berpikir 'oh, saya akan merebutnya dari udara dan memainkannya,' tidak. Dua pemain lawan sedang menuju tempat Anda, sundul saja bolanya ke belakang dan bertahan. Sancho mencetak golnya dengan sangat baik, tapi ini Anda jangan melakukannya. Juga, Anda tahu diri sendiri... ya, secara teknik dia itu seorang pemain yang sangat bagus tapi dia itu bukan pemain yang cepat jadi dia tidak akan pernah bisa mengejar Sancho jadi Anda jangan mengambil risiko," sembur Hasselbaink tentang blunder Jorginho.

(rin/yna)