ADVERTISEMENT

Henry soal Arteta Ganti Aubameyang: Ada yang Gak Beres

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 03 Des 2021 11:00 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - DECEMBER 02: Pierre-Emerick Aubameyang of Arsenal reacts to a missed chance during the Premier League match between Manchester United and Arsenal at Old Trafford on December 02, 2021 in Manchester, England. (Photo by Shaun Botterill/Getty Images)
Pierre-Emerick Aubameyang di laga MU vs Arsenal. (Foto: Shaun Botterill/Getty Images)
Manchester -

Mikel Arteta menarik Pierre-Emerick Aubameyang saat Arsenal tertinggal dari Manchester United. Keputusan itu dipertanyakan Thierry Henry, legenda Meriam London.

Arsenal menyambangi markas MU di Old Trafford, Jumat (3/11/2021) dini hari WIB, pada pekan ke-14 Liga Inggris. Awalnya The Gunners bisa mendominasi.

Di menit ke-14, Emile Smith-Rowe membawa Arsenal memimpin 1-0. Kemudian, MU balik memimpin usai bikin dua gol balasan lewat Bruno Fernandes di menit ke-44 dan Cristiano Ronaldo pada menit ke-52.

Arsenal kemudian bisa menyamakan skor lagi lewat Martin Odegaard dua menit selepas gol Ronaldo. Namun, tuan rumah kembali memimpin menjadi 3-2 lewat penalti Ronaldo.

Dalam situasi tertinggal itu, Arteta membuat perubahan pemain. Aubameyang, yang sebenarnya tampil efektif, malah digantikan Alexandre Lacazette pada menit ke-79.

Pergantian itu dikritik Thierry Henry, eks striker Arsenal. Menurutnya, pergantian itu menunjukkan ada yang tak beres antara Mikel Arteta dengan Pierre-Emerick Aubameyang.

"Satu hal yang saya tidak mengerti adalah, Aubameyang adalah kapten Anda. Dia pencetak gol Anda, Anda menempatkan dia sebagai kapten," katanya pasca pertandingan di Prime Video, seperti dilansir Daily Mail.

"Waktu tersisa lima belas menit lagi, Anda kalah 3-2, dan Anda melepasnya. Skor 3-2, jauh dari rumah, dan Anda membawa kapten Anda, simbol Anda, keluar dari lapangan. Padahal Anda tahu dia bisa mencetak gol untuk Anda. Jadi ada yang tidak beres di sana," katanya.

[Gambas:Opta]

Opta mencatat, Aubameyang sebenarnya tampil efektif. Ia membuat 5 shots di lapangan, dengan 4 yang on target.

Striker asal Gabon itu juga merupakan top skor tim dengan 7 gol sejauh ini. Maka dari itu, keputusan Arteta dipertanyakan.

"Dia punya hak menggantinya, tapi jika saya seorang kapten, lantas duduk di bench, dan tidak bermain dengan baik, itu akan menimbulkan semacam, 'apakah mereka masih mempercayai saya?' ujar Thierry Henry.

(yna/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT