Gol Kontroversial Arsenal ke Gawang MU Sudah Tepat Disahkan karena...

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 03 Des 2021 15:20 WIB
Arsenal players celebrate after Arsenals Emile Smith Rowe scored the opening goal during the English Premier League soccer match between Manchester United and Arsenal at Old Trafford stadium in Manchester, England, Thursday, Dec. 2, 2021. (AP Photo/Dave Thompson)
Gol kontroversial Arsenal ke gawang Man United memang mestinya sah. (Foto: AP/Dave Thompson)
Manchester -

Gol kontroversial mewarnai kemenangan Manchester United atas Arsenal 3-2. Eks wasit Premier League Mark Clattenberg meyakini, gol itu memang sudah tepat disahkan.

Pada pertandingan Jumat, (3/12/2021) dinihari WIB, Emile Smith Rowe membungkam publik Old Trafford dengan golnya di menit ke-13. Namun, sejumlah pemain MU lantas melakukan protes kepada wasit Martin Atkinson.

Pasalnya sebelum gol itu terjadi kiper MU David de Gea lebih dulu tersungkur akibat terinjak oleh rekannya sendiri, Fred, dalam situasi sepak pojok Arsenal. Namun demikian, wasit tetap mengesahkan gol itu setelah VAR memeriksa insidennya.

Clattenberg menjelaskan, gol itu tidak dianulir karena tidak ada pelanggaran dari Arsenal dan wasit terlanjur tidak menghentikan permainan.

"Martin Atkinson harus mengesahkan gol itu karena apa yang Anda lihat adalah Fred tidak sengaja menginjak kaki De Gea. Jadi oleh karena itu bukan pelanggaran yang dilakukan seorang pemain Arsenal," sebut Clattenberg kepada Amazon Prime. "[Atkinson] tidak meniup peluitnya, dan maka dari itu dia harus mengesahkan golnya."

"Saya belum pernah melihat hal yang seaneh ini sebelumnya. Tapi bagaimanapun, Martin Atkinson tidak berdaya. Seandainya dia meniup peluitnya sebelum bola masuk ke gawang, itu akan lebih kontroversial lagi karena Arsenal akan menjadi korban dari gol dianulir."

"Satu-satunya waktu di mana Martin Atkinson bisa menganulir gol itu jika [Jadon] Sancho memenangi bolanya dan maju ke garis tengah lapangan. Saya yakin Martin Atkinson akan menghentikan permainan. Dia toh tidak melihat De Gea terkapar."

"Terlihat jelas Fred menginjak kaki De Gea. Martin Atkinson kini bergerak menuju dua pemain yang berduel untuk bola, jadi Martin Atkinson tidak melihat ke arah kiper. Hanya saat dia akan menendang bola dia melihat dan berpikir, 'Mengapa De Gea jatuh'?

"Dia akan mengira bahwa ada pelanggaran di dalam permainan sebelum gol itu terjadi. Itulah mengapa VAR ada, Anda tidak bisa meniup peluitnya sampai bola masuk ke gawang untuk memberikan kesempatan kepada VAR," terang Clattenberg tentang gol pertama Arsenal ke gawang Man United.



Simak Video "Gol Marcos Alonso Jadi Penyelamat Chelsea dari Kekalahan "
[Gambas:Video 20detik]
(rin/krs)