Kontroversi Gol Smith-Rowe ke Gawang MU, Arteta Bilang Begini

Bayu Baskoro - Sepakbola
Jumat, 03 Des 2021 19:20 WIB
LONDON, ENGLAND - OCTOBER 18: Mikel Arteta, Manager of Arsenal reacts during the Premier League match between Arsenal and Crystal Palace at Emirates Stadium on October 18, 2021 in London, England. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Manajer Arsenal, Mikel Arteta. (Foto: Getty Images/Catherine Ivill)
Manchester -

Emile Smith-Rowe mencetak gol kontroversial ke gawang Manchester United. Lantas, apa kata Mikel Arteta menanggapi hal tersebut.

Arsenal bertandang ke markas MU di Old Trafford, Jumat (3/12/2021) dini hari WIB, dalam lanjutan Liga Inggris 2021/2022. The Gunners membuka skor di menit ke-13.

Smith-Rowe membobol gawang MU ketika David De Gea tersungkur di depan gawang. Kiper asal Spanyol itu terjatuh setelah kakinya terinjak rekan setimnya sendiri, Fred, dalam situasi sepak pojok tepat sebelum gol tercipta.

Beberapa pemain Manchester United melakukan protes kepada wasit atas gol Emile Smith-Rowe. Sang pengadil lapangan bersikukuh tidak ada pelanggaran dan gol Arsenal tetap sah.

MU membalas kedudukan di menit ke-44 dan membuat skor imbang 1-1 hingga turun minum. Cristiano Ronaldo membawa tuan rumah unggul 2-1 pada menit ke-52, sebelum disamakan Arsenal dua menit kemudian via gol Martin Odegaard.

Ronaldo kembali menjadi momok Arsenal lewat gol tendangan penalti di menit ke-70. Pertandingan tuntas dengan kemenangan MU 3-2.

Kontroversi gol pertama Arsenal yang dicetak Smith-Rowe menjadi perbincangan hangat selepas pertandingan. Tidak sedikit yang menilai gol tersebut tidak sah lantaran dicetak ketika De Gea terkapar.

Di satu sisi, banyak pula yang mendukung keputusan wasit mengesahkan gol Smith-Rowe. Mereka menilai De Gea bereaksi berlebihan atas hal yang sebenarnya biasa terjadi dalam pertandingan sepakbola.

Mikel Arteta selaku manajer Arsenal angkat bicara perihal gol yang dicetak Smith-Rowe. Dia mengaku sudah menanyakan insiden tersebut kepada ofisial yang menyebut gol tersebut sah.

"Kami tidak tahu apa yang diharapkan. Saya berbicara kepada ofisial keempat dan mereka mengesahkan gol itu. Namun, saya tidak melihat gambarannya secara jelas," kata Arteta seusai pertandingan MU vs Arsenal, dilansir dari Football London.

Kekalahan dari Manchester United membuat Arsenal gagal merangsek ke empat besar. Meriam London tertahan di urutan kelima klasemen sementara Liga Inggris dengan 23 poin.



Simak Video "Pochettino Incar Striker Andalan, Arteta Aman Atau Berakhir?"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/aff)