Everton Vs Arsenal: Comeback, The Toffees Kalahkan The Gunners 2-1

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Selasa, 07 Des 2021 05:01 WIB
Liverpool -

Everton menyudahi puasa kemenangan di Liga Inggris. The Toffees tertinggal lebih dulu sebelum mengalahkan Arsenal dengan skor akhir 2-1.

Everton menjamu Arsenal di Stadion Goodison Park, Selasa (7/12/2021) dinihari WIB. The Gunners membuat publik tuan rumah terdiam setelah Martin Odegaard mencetak gol pembuka di pengujung babak pertama.

Everton baru bisa menciptakan gol balasan di menit ke-79 berkat Richarlison. Demarai Gray akhirnya memastikan kemenangan Everton dengan gol di injury time.

Kemenangan ini menandai yang pertama bagi Everton setelah gagal memenangi delapan pertandingan sebelumnya. Tiga poin tersebut mendongkrak posisi Everton ke urutan 12 klasemen sementara dengan perolehan 18 poin dari 15 pertandingan.

Di sisi lain, Arsenal dipaksa menderita kekalahan kedua beruntun. Akan tetapi, tim London Utara itu tetap di peringkat tujuh setelah mengemas 23 poin, berjarak empat poin dari West Ham di empat besar.

[Gambas:Opta]
Jalannya Pertandingan

Peluang pertama terjadi di menit ke-13. Kerjasama Ben Godfrey dan Richarlison membebaskan Demarai Gray di dekat kotak penalti Arsenal. Dia menggiring bola di tepi kotak lalu melepaskan sepakan keras yang masih melambung di atas mistar gawang Aaron Ramsdale.

Sekitar 10 menit kemudian, Gray melakukan intersepsi lalu mengirim umpan kepada Richarlison. Bola diteruskan kepada Doucoure yang diakhiri dengan sepakan tapi masih terlalu lemah. Tekanan Everton berlanjut, Richarlison melepaskan sepakan melengkung, tapi Ben White dengan sigap melakukan blocking.

Arsenal masih kesulitan menciptakan peluang. Di menit ke-35, Gray mengirim umpan silang ke kotak penalti Arsenal. Richarlison menemui bola lalu menyodorkan kepada Gordon, yang diakhiri dengan tembakan meski membentur Ben White.

Semenit sebelum turun minum, Everton menciptakan gol usai tandukan Richarlison bersarang ke gawang Arsenal menyusul tembakan bebas. Namun, gol itu dianuliar karena offside.

Kebuntuan akhirnya betul-betul terpecah. Namun, bukan Everton melainkan Arsenal. Martin Odegaard membuka skor untuk membawa tim tamu memimpin 1-0 di injury time.

Arsenal menyerbu bidang permainan Everton, lalu Kieran Tierny mengirim sebuah umpan silang ke kotak penalti. Bola disambut Odegaard dengan tembakan first-time voli yang menggetarkan gawang Everton.

Everton merespons di babak kedua. Sebelum laga genap bergulir sejam, Everton mencetak gol balasan ke gawang Arsenal melalui Richarlison usai bekerja sama dengan Doucoure. Namun, gol itu lagi-lagi dianulir setelah wasit memeriksa via VAR!

Usaha Everton akhirnya membuahkan hasil. Everton menciptakan gol balasan untuk mengubah skor menjadi 1-1 di menit ke-79.

Demarai Gray melepaskan sepakan yang menaklukkan Ramsdale tapi hanya membentur mistar gawang. Richarlison langsung mencecar bola pantul dengan tandukan.

Pertandingan kini lebih intens. Melewati 80 menit, serangan Arsenal nyaris berbuah gol kedua! Bukayo Saka mengirim umpan silang ke tiang jauh, yang disambut Eddie Nketiah dengan sundulan tapi bola hanya mengenai tiang gawang Everton.

Gol! Demarai Gray mencetak gol kemenangan Everton di masa injury time. Everton berbalik memimpin atas Arsenal dengan skor 2-1.

Andre Gomes mengirim operan kepada Gray. Dia menusuk dari sisi kiri lalu melepaskan sepakan kencang dari luar kotak penalti yang bersarang di sudut atas gawang Arsenal.

Susunan Pemain
EVERTON: Pickford, Coleman, Godfrey, Keane, Yerry Min (Holgate 31'), Townsend (Andre Gomes 66'), Allan, Doucoure, Gray, Richarlison, Gordon (Iwobi 87')

ARSENAL: Ramsdale, Tierney (Nuno Tavares 65'), Tomiyasu, Gabriel Magalhaes, White, Xhaka, Partey, Odegaard, Lacazette (Aubameyang 85'), Saka, Martinelli (Nketiah 71')

(rin/pur)