ADVERTISEMENT

Ed Woodward Mundur, Ini Dia CEO Baru Manchester United

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 07 Jan 2022 01:00 WIB
Ed Woodward, Richard Arnold.
Woodward (kiri) dan Arnold. Foto: Dok. Sky Sports
Manchester -

Manchester United resmi menunjuk Richard Arnold sebagai CEO yang baru, menggantikan posisi Ed Woodward. Pria 51 tahun itu akan mulai efektif bekerja pada 1 Februari mendatang.

Arnold bukanlah orang baru di MU. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Group Managing Director. Tugasnya mengontrol operasi bisnis klub, termasuk menjalin sejumlah kesepakatan komersial untuk MU.

Penunjukan ini sekaligus mengakhiri era Woodward yang telah ditunjuk keluarga Glazer untuk memimpin MU sejak 2013. Sky Sports melaporkan ia masih akan menghadiri rapat direksi klub hingga akhir musim ini, namun tak akan terlibat dalam keberlangsungan klub sehari-hari.

Sepanjang kariernya memimpin MU, Woodward dilaporkan telah menghabiskan lebih dari 1 miliar Pound untuk urusan transfer pemain. Sejumlah pemain berharga mahal seperti Angel Di Maria, Paul Pogba, Harry Maguire, hingga Jadon Sancho hadir, namun prestasi yang ada tak sebanding.

Sudah delapan tahun MU tak memenangi Liga Inggris, dan melihat klasemen saat ini, besar peluang puasa gelar itu berlanjut ke tahun kesembilan. Secara total, MU di bawah kepemimpinan Woodward cuma memenangi satu Piala FA, satu Piala Liga Inggris, dan satu Liga Europa.

Naiknya Arnold diharapkan bisa mengubah MU menjadi tim yang lebih berprestasi di lapangan, tak cuma unggul dalam sisi bisnis. Ini adalah satu hal yang tak bisa dilakukan Woodward selama sekitar 9 tahun, membuatnya tak populer di mata fans.

"Saya merasa terhormat mendapat kesempatan untuk mengabdi kepada klub yang luar biasa ini, begitu juga para suporternya. Saya bertekad membayar rasa hormat dengan cara apapun yang saya bisa," ujar Arnold, dikutip situs resmi MU.

(adp/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT