Ini Alasan Wasit Anulir Gol Danny Ings ke Gawang MU

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 11 Jan 2022 10:10 WIB
Manchester -

Satu gol Aston Villa ke gawang Manchester United dianulir lewat keputusan Video Assistant Referee (VAR). Apa yang mendasari keputusan tersebut?

MU bertanding melawan Villa dalam laga babak ketiga Piala FA di Old Trafford, Selasa (11/1/2022). Gol tunggal Scott McTominay mengantar skuad besutan Ralf Rangnick melaju ke fase berikutnya.

Villa sebetulnya bukan tanpa perlawanan. Dua gol mereka sarangkan ke gawang David de Gea di babak kedua, namun semuanya dianulir. Khusus gol Danny Ings di menit ke-50, wasit Michael Oliver dengan bantuan VAR butuh waktu hampir 4 menit untuk memastikan gol tersebut tidak sah.

Publik sempat mengira gol tersebut dianulir karena Ings sudah terjebak offside. Namun Oliver rupanya melihat ke hal lain. Dikutip BBC, justru Jacob Ramsey yang dianggap sudah berdiri di posisi offside. Namun apakah itu cukup, mengingat Ramsey tak mengejar bola?

Mari melihat lagi proses 'gol' tersebut, yang berawal dari tendangan bebas yang dilepaskan oleh John McGinn. Bola tersebut lalu mengarah kepada Ezri Konsa. Saat itu, ada Edinson Cavani yang juga hendak merebut bola, namun ia terjatuh karena menabrak Ramsey.

Ramsey, yang berdiri membelakangi gawang MU, tampak lebih fokus menghalau Cavani ketimbang mengejar bola karena sudah ada Konsa di sana. Bola yang diumpan Konsa itu kemudian berujung gol Ings, yang akhirnya dibatalkan.

Keputusan Oliver mengacu pada aturan nomor 11 terkait dengan offside yang dikeluarkan FA (bisa dibaca di sini). Salah satunya poinnya yakni berbunyi seperti berikut:

"Dalam situasi di mana:

Seorang pemain yang bergerak dari, atau berdiri di posisi offside lalu menghalangi jalan lawan dan mengganggu pergerakan lawan ke arah bola, kondisi ini dinyatakan offside jika berdampak pada kemampuan lawan untuk bermain atau merebut bola. Jika pemain tersebut bergerak ke jalur pergerakan lawan dan menghalanginya, maka dia harus dihukum berdasarkan aturan 12."

Situasi ketika menghalangi Cavani itulah yang mengakibatkan offside-nya Ramsey jadi berlaku. Menurut Anda bagaimana?

(adp/bay)