Hari Ini 11 Tahun Lalu: 'Howard Webb Berbaju MU' Bikin Babel Didenda

Kris Fathoni W - Sepakbola
Selasa, 18 Jan 2022 13:30 WIB
LONDON, ENGLAND - APRIL 27:  Referee Howard Webb brandishes thew yellow card during the Barclays Premier League match between Crystal Palace and Manchester City at Selhurst Park on April 27, 2014 in London, England.  (Photo by Mike Hewitt/Getty Images)
Howard Webb semasa jadi wasit. Foto: Mike Hewitt/Getty Images
Jakarta -

Pernah lihat penampakan Howard Webb, eks-wasit kondang dari Inggris, memakai jersey Manchester United? Tepat 11 tahun lalu Ryan Babel, yang ketika itu membela Liverpool, kena denda gegara 'Webb berbaju MU'.

Webb sudah pensiun dari dunia perwasitan sejak Agustus 2014. Sosok yang saat itu juga dikenal karena berprofesi sebagai polisi tersebut pernah jadi pengadil lapangan Premier League periode 2003-2014 dan wasit FIFA kurun waktu 2005-2014.

Pada masanya, Howard Webb adalah wasit papan atas di dunia. Tak heran jika pria yang kini berusia setengah abad tersebut rutin ditunjuk mewasiti laga-laga penting di ajang sepakbola.

Di kancah domestik, Webb bukan cuma jadi pengadil lapangan di Premier League tapi juga pernah mewasiti final Piala FA, Community Shield, dan final Piala Liga Inggris. Pada tahun 2010, Webb juga menjadi orang pertama yang menjadi wasit di kancah Liga Champions dan Piala Dunia pada tahun yang sama.

Sebagai wasit, keputusan-keputusan Howard Webb tentu saja tak bisa memuaskan semua pihak. Bahkan pernah ada tudingan bahwa dirinya pro-Manchester United. Hal itulah yang lantas berbuntut denda buat Ryan Babel.

Babel, yang di Inggris pernah berseragam Liverpool dan Fulham, pernah jengkel sekali dengan Howard Webb. Itu terjadi setelah Liverpool, yang dibelanya periode 2007-2011, disingkirkan oleh Manchester United pada 9 Januari 2011. Howard Webb menjadi pengadil lapangan pertandingan tersebut.

LIVERPOOL, ENGLAND - AUGUST 19:  Ryan Babel of Liverpool looks on prior to the UEFA Europa League play-off first leg match beteween Liverpool and Trabzonspor at Anfield on August 19, 2010 in Liverpool, England.  (Photo by Alex Livesey/Getty Images)Ryan Babel semasa di Liverpool. Foto: Getty Images/Alex Livesey

Kekesalan Ryan Babel terhadap kepemimpinan Webb di laga itu membuatnya curhat di Twitter. Bukan cuma mengejek si wasit, Babel juga memuat link url berisikan gambar Webb yang diolah secara digital sehingga tampak mengenakan kaos MU.

Tidak berapa lama, Babel memang meminta maaf seraya menghapus cuitan sebelumnya. Ia mengaku hanya terbawa emosi sesaat belaka. Tapi masalah tak berhenti sampai situ.

Howard Webb dalam seragam Manchester UnitedGambar (olahan digital) Howard Webb dalam seragam Manchester United yang di-posting Babel. Foto: ist.

Kicauan Ryan Babel membuatnya didakwa FA. Kenny Dalglish, manajer Liverpool saat itu, membela dengan bilang pemainnya itu sekadar bercanda saja. Namun, hukuman tetap dijatuhkan FA.

Di tanggal 18 November 2011, tepat 11 tahun lalu pada hari ini, FA menjatuhkan denda sebesar 10 ribu paun buat Ryan Babel atas cuitannya di Twitter. Ia juga mendapatkan peringatan untuk tindakannya di masa depan.

(krs/cas)