Ditaksir Everton, Jose Mourinho Setia AS Roma

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 19 Jan 2022 17:42 WIB
Romas head coach Jose Mourinho, center, gives directions to his players during the Serie A soccer match between Roma and Cagliari at Romes Olympic stadium, Sunday, Jan. 16, 2022. (AP Photo/Andrew Medichini)
Jose Mourinho tolak tawaran Everton, setia AS Roma (AP/Andrew Medichini)
Liverpool -

Everton rupanya juga mendekati Jose Mourinho sebagai calon manajer barunya. Sayangnya, Mourinho menolak karena masih terikat janji di AS Roma.

Everton baru saja memecat Rafael Benitez akhir pekan lalu, setelah kekalahan 1-2 dari Norwich City. Hasil itu melanjutkan tren buruk The Toffees yang cuma menang sekali di Liga Inggris sejak pertengahan September.

Alhasil, Everton yang menelan sembilan kekalahan sampai awal tahun ini terjerembab di posisi ke-16 klasemen Liga Inggris dengan 19 poin, cuma selisih enam poin dari Norwich di urutan ke-18.

Wajar jika manajemen klub tidak puas dan memberhentikan Benitez, ketimbang kondisi tim kian memburuk. Untuk sementara waktu, Duncan Ferguson akan menjadi manajer interim sampai ada pengganti Benitez.

Untuk saat ini, dua calon terkuat menjadi manajer baru Everton adalah Frank Lampard dan Wayne Rooney. Eks pemain Timnas Inggris itu dianggap cocok membawa skuat muda Everton bangkit di sisa musim ini.

Tapi, dengan misi Everton untuk bisa bersaing konsisten di papan atas, maka harus ada nama yang lebih berpengalaman. Salah satu calon baru yang muncul adalah Jose Mourinho.

Pemilik Everton Farhad Moshiri dikabarkan Sky Sports tertarik untuk merekrut Mourinho yang masa depannya juga lagi dispekulasikan, karena performa Roma yang naik-turun. Sayangnya, keinginan Moshiri itu bertepuk sebelah tangan.

Sebab, Mourinho sudah menolak tawaran itu dan memilih setia melatih Roma. Apalagi Roma sudah mengontraknya selama tiga tahun dan Mourinho baru menjalani enam bulan.

Mourinho masih yakin bisa melajukan tim ibukota itu ke papan atas. Jika Mourinho menolak, maka Everton bakal mengalihkannya ke orang Portugal lainnya.

Mantan pelatih Porto dan Fenerbahce Vitor Pereira juga masuk dalam buruan. Kira-kira Everton mau pilih siapa?

(mrp/cas)