Cobalah Tiru De Gea, Maguire!

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Rabu, 26 Jan 2022 14:40 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - DECEMBER 30: Harry Maguire and David De Gea of Manchester United interact during the Premier League match between Manchester United and Burnley at Old Trafford on December 30, 2021 in Manchester, England. (Photo by Dan Mullan/Getty Images)
Harry Maguire dinasihati agar meniru David de Gea untuk kembali ke tim inti Manchester United. Foto: Getty Images/Dan Mullan
Manchester -

Harry Maguire sedang berusaha kembali ke tim inti Manchester United. Bek tengah Inggris itu dinasihati agar meniru David de Gea.

Maguire memang tampil kurang meyakinkan sejak awal musim ini sehingga kerap dikritik. Catatan Sofascore memperlihatkan, Maguire membuat sekali kesalahan yang berujung gol lawan dan dua kali error sehingga gawang MU terancam di Premier League.

Pada akhirnya Maguire dipinggirkan ke bangku cadangan saat MU berimbang 2-2 di markas Aston Villa. Dia kemudian menjadi pemain pengganti ketika Setan Merah menggasak Brentford 3-1 dan tampil solid dalam kemenangan dramatis atas West Ham di akhir pekan.

Di sisi lain, David de Gea pernah mengalami kesulitan serupa di awal kedatangannya ke Old Trafford pada 2011. Kiper Spanyol itu dilengserkan Anders Lindegaard sebelum akhirnya bisa bangkit dan nyaris tidak tergantikan sampai saat ini.

Mantan bintang MU Rio Ferdinand menilai Maguire bisa terinspirasi dari De Gea. Namun, Maguire memang harus menjaga konsistensinya setiap kali mendapatkan kesempatan bermain.

"Kupikir terkadang Anda harus dikeluarkan dari api. Dia membutuhkannya, selama ini dia dalam tekanan besar yang ditambah menjadi kapten Man United, itu menjadi bagiannya," kata Ferdinand di podcast Vibe with FIVE. "Kita harus melihatnya sekarang, dia sudah kembali dan terlihat bagus di akhir pekan melawan West Ham."

"Apakah dia bisa menjaga performanya itu sampai akhir musim? Itu akan menjadi faktor yang menentukan apakah itu adalah keputusan yang tepat. Saya pikir dia memang membutuhkannya. Kadang-kadang Anda perlu untuk duduk dan melihat situasinya, menyalakan ulang diri sendiri, dan bermain lagi."

"Saya kira David de Gea adalah sebuah contoh yang bagus. Saat pertama dia datang dan dia bermain dan membuat beberapa kesalahan, saya ingat manajer memanggil saya dan beberapa pemain berpengalaman lain ke kantor dia. Dia bilang 'dengar, saya punya David de Gea, bermain melawan Liverpool di Anfield, pertandingan penting, tekanan tinggi, apakah saya mesti memainkan si bocah atau saya memainkan kiper yang berpengalaman. Kami memberikan pendapat-pendapat kami, dan manajer akhirnya memainkan dia."

"Dia tampil lumayan dan pertandingan itu membangun kepercayaan diri dia lagi, tapi dia sudah tahu bahwa itu seperti sebuah kesempatan terakhir, mungkin sebagai seorang kiper muda, dan dia merespons dengan baik," simpul Ferdinand menyarankan Maguire meniru De Gea.

(rin/krs)