Kabar Baik! Nike Tetap Sponsori Chelsea

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 12 Mar 2022 07:00 WIB
LONDON, ENGLAND - MARCH 07: View of the Nike kit on display ahead of the UEFA Europa League Round of 16 First Leg match between Chelsea and Dynamo Kyiv at Stamford Bridge on March 07, 2019 in London, England. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Nike dan Chelsea tetap melanjutkan kerjasama di tengah sanksi Pemerintah Inggris (Getty Images/Catherine Ivill)
London -

Chelsea bisa bernapas lega setidaknya di tengah kepergian satu per satu sponsornya. Nike dipastikan akan tetap menyokong The Blues sesuai kontrak.

Chelsea kena imbas dari sanksi yang diberikan Pemerintah Inggris kepada pemilik klub Roman Abramovich. Sebab seluruh aset pria asal Rusia tersebut di inggris dibekukan, termasuk Chelsea.

Langkah ini diambil karena kedekatan Abramovich dengan Presiden Rusia Vladimir Putin yang tengah dikecam di seluruh dunia, karena menginvasi Ukraina. Abramovich sejatinya sudah ingin menjual Chelsea.

Namun, sanksi di atas membuat Abramovich tidak bisa bergerak bebas. Tak cuma itu, operasional Chelsea pun jadi terganggu karena mereka tidak bisa melakukan apapun kecuali membayar gaji pemain dan staf hingga akhir musim, serta menuntaskan kiprah mereka di kompetisi yang diikuti.

Lebih gilanya adalah Chelsea juga dilarang menjual tiket tambahan di sisa musim dan juga merchandise klub. Selain itu satu per satu sponsor mulai berpikir ulang untuk melanjutkan kerjasama.

Operator selular Three memastikan akan menghapus logo mereka sementara dari jersey Chelsea dan di sekitar markas Chelsea Stamford Bridge, Selain itu sponsor pendamping di lengan kiri pemain, Hyundai, akan melakukan upaya tersebut.

Pabrikan mobil asal Korea Selatan itu merupakan sponsor Chelsea sejak 2018 dan kabarnya mendapat uang 10 juta paun per tahun, selama empat musim. Meski sponsor mulai meninggalkan Chelsea, ada juga yang rupanya bertahan.

Trivago, situs perjalanan, tetap jadi sponsor latihan Chelsea dan kini Nike juga mengikutinya. Produsen alat olahraga asal Amerika Serikat itu memastikan kerjasama dengan Chelsea terus berlanjut.

Awalnya Chelsea sempat mengkhawatirkan Nike akan ikut cabut, mengingat mereka berasal dari Amerika Serikat dan sudah jadi produk andalan negara tersebut. Jika Nike pergi, si Biru bakal rugi besar.

Sebab kontrak 15 tahun yang diteken Chelsea dan Nike pada 2016 bernilai 60 juta paun per tahunnya! Jumlah yang sangat besar sehingga bisa digunakan untuk operasional klub. Demikian dikutip The Athletic.

(mrp/yna)