ADVERTISEMENT

Chelsea Dibolehkan Jual Tiket Pertandingan Lagi, Ini Syaratnya

Adhi Prasetya - Sepakbola
Kamis, 24 Mar 2022 10:20 WIB
NORWICH, ENGLAND - MARCH 10: Chelsea fans celebrate after their sides victory during the Premier League match between Norwich City and Chelsea at Carrow Road on March 10, 2022 in Norwich, England. (Photo by Julian Finney/Getty Images)
Suporter Chelsea boleh membeli tiket lagi, meski aksesnya tetap terbatas. Foto: Getty Images/Julian Finney
Jakarta -

Chelsea mendapat keringanan terkait sanksi larangan menjual tiket. Pemerintah Inggris kini membolehkan The Blues menjual tiket dengan sejumlah syarat tertentu.

Dilaporkan Sky Sports dan ESPN, Kamis (24/3/2022) dini hari WIB, pelonggaran sanksi ini tetap mengutamakan asas pembatasan aliran dana untuk Roman Abramovich, yang dicekal oleh Pemerintah Inggris karena invasi Rusia ke Ukraina.

Chelsea tetap tak boleh menjual tiket baru untuk fans mereka sendiri di laga kandang Premier League. Hanya suporter yang sudah membeli tiket sebelum sanksi dijatuhkan yang boleh hadir.

Namun suporter tim tamu sudah boleh hadir, dan semua pemasukan dari penjualan tiket akan masuk kantong otoritas Premier League, untuk kemudian diteruskan ke badan amal untuk membantu pengungsi dari Ukraina. Hal ini sudah disetujui Chelsea.

Suporter Chelsea juga sudah bisa hadir ke laga tandang di Premier League, dengan hasil penjualan tiket akan diberikan kepada tim tuan rumah. Mereka juga akan mendapat keringanan di Piala FA dan Liga Champions.

Suporter Chelsea dibolehkan membeli tiket pertandingan melawan Real Madrid di perempatfinal, namun hasil penjualan akan diberikan kepada UEFA. Sedangkan untuk Piala FA yang digelar di Wembley, pendapatan karcis masuk diberikan kepada penyelenggara.

Keringanan juga diberikan kepada Chelsea Women. Laga kandang dan tandang yang dijalani oleh Sam Kerr dkk boleh dihadiri suporter. Piala FA untuk sektor putri juga boleh dihadiri suporter, dengan pendapatan tiket diberikan kepada penyelenggara.

Meski dilarang mendapat pemasukan dari tiket, Pemerintah Inggris mengizinkan Fordstam Limited selaku perusahaan induk Chelsea milik Abramovich untuk menggelontorkan dana 30 juta Pound untuk biaya operasional yang dibutuhkan Chelsea.

"Pemerintah telah membuat perubahan terkait lisensi Chelsea sehingga para suporter dapat mengakses tiket pertandingan tandang, kompetisi piala, dan pertandingan putri. Terima kasih kepada para suporter atas kesabaran mereka selama kami bekerja sama dengan otoritas sepak bola untuk mewujudkannya," ujar Menteri Olah Raga Nigel Huddleston.

Poin-poin penting keringanan terbaru untuk Chelsea:

1. Liga Inggris

- Chelsea tak boleh menjual tiket laga kandang untuk suporter sendiri

- Chelsea boleh menjual tiket laga kandang untuk suporter tamu, pemasukan diberikan kepada Premier League

- Suporter Chelsea boleh hadir ke laga tandang, tapi pemasukan tiket untuk tuan rumah

2. Liga Champions

- Suporter Chelsea boleh hadir ke laga kandang dan tandang melawan Madrid, namun pemasukan tiket disalurkan ke UEFA atau Madrid (saat menjadi tuan rumah)

3. Piala FA

- Suporter Chelsea boleh hadir ke Wembley, namun pemasukan tiket disalurkan kepada penyelenggara kompetisi, dalam hal ini FA.

4. Chelsea Women

- Laga kandang dan tandang Chelsea Women di Women's Super League boleh dihadiri suporter sendiri.

- Suporter juga bisa hadir ke Women's FA Cup, dengan pemasukan tiket disalurkan kepada FA.

5. Dana dari Fordstam Limited

- Mendapat 30 juta Pound dari perusahaan induk untuk keperluan operasional klub demi menghindari kebangkrutan.

(adp/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT