ADVERTISEMENT

Final Piala FA Ketiga Beruntun Chelsea, Bisa Juara Kali Ini?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 18 Apr 2022 03:00 WIB
Soccer Football - FA Cup Semi Final - Chelsea v Crystal Palace - Wembley Stadium, London, Britain - April 17, 2022 Chelseas Ruben Loftus-Cheek celebrates scoring their first goal with Marcos Alonso and Antonio Rudiger Action Images via Reuters/John Sibley
Chelsea ke final Piala FA ketiga beruntunnya (Action Images via Reuters/JOHN SIBLEY)
London -

Chelsea melaju ke final Piala FA 2021/2022 yang merupakan kali ketiga secara beruntun. The Blues ditantang untuk menghapus luka di dua final sebelumnya.

Chelsea jadi tim terakhir yang merebut tiket partai puncak turnamen ini setelah mengalahkan Crystal Palace 2-0 di Wembley, Minggu (17/4/2022) malam WIB. Gol-gol dibuat Ruben Loftus-Cheek dan Mason Mount di babak kedua.

Chelsea bakal menantang Liverpool pada laga final di tempat yang sama pada 15 Mei, yang merupakan ulangan partai final Carabao Cup Februari lalu. Saat itu Liverpool menang adu penalti setelah berimbang tanpa gol selama 120 menit.

Sudah pasti Chelsea bertekad membalas dendam atas kekalahan tersebut, sekaligus menjaga peluangnya meraih satu-satunya trofi musim ini. Sebab, Chelsea sudah gagal di Premier League dan Liga Champions.

Tapi lebih dari itu, kelolosan Chelsea ke partai final ini berarti jadi kesempatan ketiga beruntun mereka untuk menambah trofi. Di edisi 2020 dan 2021, Chelsea juga jadi finalis.

Sayangnya di dua final itu, Chelsea selalu jadi pecundang. Pada 2020, Chelsea takluk 1-2 dari Arsenal yang disusul kekalahan 0-1 dari Leicester City musim lalu.

Dua kekalahan itu memperburuk catatan Chelsea di Wembley belakangan ini. Sebab dari lima penampilan terakhirnya di final Piala FA, Chelsea cuma sekali jadi juara bareng Antonio Conte pada 2017/2018.

Saat itu Chelsea mengalahkan Manchester United dengan skor 1-0 lewat penalti Eden Hazard di menit ke-22. Itu jadi gelar kedelapan Chelsea di ajang ini.

"Saya senang bisa jadi bagian dari final ini lagi, saya begitu antusias dan bangga karena ini adalah kompetisi besar. Kami pastinya akan siap," ujar manajer Chelsea Thomas Tuchel di BBC Sport.

Dicatat Squawka, Chelsea jadi tim ketiga di era Premier League yang mencapai tiga final Piala FA beruntun setelah Man United (1994-1996) dan Arsenal (2001-2003).

(mrp/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT