ADVERTISEMENT

Howe Bangkitkan Joelinton yang Sempat Terkubur di Newcastle

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 26 Apr 2022 23:00 WIB
NORWICH, ENGLAND - APRIL 23: Joelinton of Newcastle United celebrates after scoring their sides first goal during the Premier League match between Norwich City and Newcastle United at Carrow Road on April 23, 2022 in Norwich, England. (Photo by Stephen Pond/Getty Images)
Foto: Getty Images/Stephen Pond
Newcasle -

Eddie Howe mampu membangkitkan Joelinton yang sempat dicap penyerang mandul di Newcastle United. Ia kini bertransformasi jadi gelandang bertenaga The Magpies.

Newcastle mampu bangkit di bawah asuhan Eddie Howe. Howe yang datang ke St James Park pada November tahun lalu menggantikan Steve Bruce membawa The Magpies yang sebelumnya jadi penghuni zona degradasi kini bersaing di papan tengah.

Newcastle saat ini berada di posisi ke-9 dengan 43 poin. Dari 22 laga yang sudah dilalui Howe bersama Newcastle, ia mencatatkan 11 kemenangan empat hasil imbang dan tujuh kalah.

Mantan pelatih Bournemouth ini memang berani membuat perubahan dalam skema main Newcastle ini. Salah satu perubahan cerdas yang dilakukan Howe adalah mampu menyulap Joelinton dari penyerang menjadi gelandang tengah.

Hal ini turut mengubah peruntungan karier penyerang asal Brasil tersebut. Joelinton datang dengan status pemain termahal Newcastle usai dibeli dari Hoffenheim dengan 39,6 paun pada musim panas 2019. Di era Steve Bruce, ia kerap kali dimainkan menjadi penyerang nomor sembilan. Hasilnya jauh dari harapan.

Pemain asal Brasil ini hanya bikin delapan gol pada dua musim awalnya di Newcastle. Cap penyerang mandul dan pembelian gagal mulai melekat kepada Joelinton. Kini segalanya berubah untuk Joelinton bersama Howe. Naluri mencetak golnya memang belum sepenuhnya kembali, tapi ia sangat berguna untuk tim asal Tyneside tersebut.

Joelinton aktif melepas umpan kunci kala dimainkan menjadi gelandang. Dikutip dari Opta, ia telah melepas 27 umpan kunci.

Pemain 22 tahun ini juga tak gentar dalam berduel. Ia tercatat sebagai pemain dengan pelanggaran terbanyak di Liga Inggris bersama Connor Gallagher dari Crystal Palace dengan 53 pelanggaran.

Pada laga terakhir, Joelinton bahkan mampu mencetak dua gol saat Newcastle menang 3-0 atas Norwich City. Legenda Manchester United, Paul Scholes, turut terkejut dengan transformasi Joelinton bersama Howe.

"Jika Anda pernah melihat seorang pemain mengubah kariernya di sebuah klub, saya belum pernah melihat yang seperti ini. Dia mati terkubur bermain sebagai penyerang tengah," ujar Scholes dikutip dari HITC.

"Kemudian Eddie membawanya sebagai pemain lini tengah dan dia bahkan mencetak gol sekarang. Golnya itu (yang pertama) dan penyelesaian yang bagus," jelasnya.



Simak Video "Liverpool Bobrok dan Dihantam Badai Cedera, Klopp Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/krs)

ADVERTISEMENT