Netizen Heran, Keita Injak Luiz tapi kok Free Kick buat Liverpool?

Kris FW - Sepakbola
Rabu, 11 Mei 2022 19:00 WIB
Soccer Football - Premier League - Aston Villa v Liverpool, Villa Park, Birmingham, Britain - May 10, 2022 Liverpools Sadio Mane celebrates scoring their second goal with Diogo Jota and Jordan Henderson REUTERS/Craig Brough EDITORIAL USE ONLY. No use with unauthorized audio, video, data, fixture lists, club/league logos or live services. Online in-match use limited to 75 images, no video emulation. No use in betting, games or single club /league/player publications.  Please contact your account representative for further details.
Liverpool merayakan kemenangan di markas Aston Villa. Foto: REUTERS/CRAIG BROUGH
Jakarta -

Liverpool menang 2-1 atas Aston Villa untuk menjaga persaingan gelar juara. Tapi keputusan wasit di laga itu bikin sejumlah netizen keheranan.

Douglas Luiz membawa the Villans unggul duluan di Villa Park lewat gol cepat di menit ketiga. Tapi keunggulan cuma bertahan tiga menit karena Joel Matip bisa menyamakan skor buat si Merah.

Liverpool kemudian memastikan tiga poin dari laga tandangnya di Liga Inggris ini berkat gol dari Sadio Mane di menit ke-65. Kans juara the Reds, dalam usaha menyalip Manchester City, pun masih terjaga.

Namun, kepemimpinan wasit Jon Moss dalam laga ini dipertanyakan oleh suporter Aston Villa yang merasa wasit berat sebelah. Di stadion, fans tuan rumah pun tak menyembunyikan ketidakpuasannya.

Ketidakpuasan itu beberapa kali lahir karena suporter Villa merasa wasit condong memberikan keputusan yang merugikan tim tuan rumah, dalam situasi perebutan bola 50-50.

Terkait hal tersebut, paling tidak ada satu momen yang secara khusus menjadi pembahasan suporter Villa. Yakni ketika kaki Luiz kena injakan Naby Keita di babak pertama.

Pada saat itu, Luiz terjatuh kesakitan memegang pergelangan kaki seraya merenggut bola ke dalam dekapannya. Wasit Jon Moss lantas memutuskan bahwa Luiz handball dan memberi Liverpool free kick.

Netizen, yang kebanyakan memang terindikasi sebagai suporter Aston Villa, keheranan karena merasa semestinya Naby Keita dapat kartu kuning atas injakannya kepada Luiz. Toh injakan itu juga terjadi sebelum Luiz menyentuh bola.

Menurut detikers bagaimana, apakah klaim fans Villa dalam kejadian ini memang tepat?

(krs/aff)