Fabio Vieira, Raja Assist Liga Portugal Rekrutan Anyar Arsenal

ADVERTISEMENT

Fabio Vieira, Raja Assist Liga Portugal Rekrutan Anyar Arsenal

Putra Rusdi K - Sepakbola
Rabu, 22 Jun 2022 19:50 WIB
ST ALBANS, ENGLAND - JUNE 21: Arsenal Unveil new signing Fabio Vieira at London Colney on June 21, 2022 in St Albans, England. (Photo by Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images)
Foto: Arsenal FC via Getty Images/Stuart MacFarlane
Jakarta -

Arsenal baru saja mendatangkan Fabio Vieira dari FC Porto. Ia merupakan raja assist di Liga Portugal musim lalu.

Arsenal memperkenalkan Fabio Vieira sebagai rekrutan anyar mereka, Selasa (21/6/2022). Meriam London menebus Vieira dengan 35 juta euro atau sekitar Rp 547 miliar dari FC Porto.

Vieira dilaporkan diikat kontrak selama lima tahun oleh Arsenal dengan 2027. Ia mengenakan nomor punggung 21 di Arsenal.

Pemain asal Portugal ini bakal menjadi tambahan kekuatan di lini tengah Arsenal. Ia adalah tipe gelandang kreatif.

Vieira bisa bermain sebagai gelandang serang maupun penyerang lubang. Ia diharapkan bisa memanjakan penyerang Arsenal lewat umpan-umpannya.

Pemain 22 tahun ini mampu mengemas enam gol dan 14 assist di Liga Portugal musim lalu. Torehan tersebut menjadikannya raja assist di Liga Portugal.

Dikutip dari WhoScored, Vieira punya rataan akurasi umpan yang baik dengan 83,1 persen di musim lalu. Jika buntu, Vieira juga bisa menghadirkan opsi lewat tendangan jarak jauh. Ia mencatatkan rata-rata 1,6 tembakan per laga di musim lalu.

Vieira yang merupakan produk akademi Porto melejit di tim utama musim lalu. Ia menjelma jadi andalan Porto setelah debut di tim utama pada 2020.

Bakat Vieira sebenarnya sudah menonjol sejak belia. Ia selalu masuk skuad timnas Portugal kelompok umur dari U-18 hingga U-21. Viera turut mengantarkan Portugal U-21 menembus final Euro U-21 2021 sebelum dikalahkan Jerman di laga puncak.

Menarik untuk melihat apakah Vieira bisa mereplikasi kiprahnya dengan Porto di Arsenal? Vieira bakal bersaing dengan Martin Odegaard yang punya posisi sama dengannya di Arsenal.

Odegaard jadi pilihan utama di sektor gelandang serang Arsenal musim lalu. Pria asal Norwegia ini bikin tujuh gol dan lima assist di musim lalu.

(pur/krs)

ADVERTISEMENT