ADVERTISEMENT

Odegaard di Arsenal: Muda dan Dihormati

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 05 Agu 2022 18:30 WIB
ORLANDO, FLORIDA - JULY 23: Martin Ødegaard #8 of Arsenal reacts during the Florida Cup match against Chelsea at Camping World Stadium on July 23, 2022 in Orlando, Florida. (Photo by Sam Greenwood/Getty Images)
Martin Odegaard kapten baru Arsenal. (Foto: Getty Images/Sam Greenwood)
Jakarta -

Martin Odegaard menjelma sebagai sosok penting di Arsenal. Usianya masih muda, tapi sangat dihormati oleh rekan-rekan di tim.

Odegaard meneruskan peran yang ditinggalkan Alexandre Lacazette karena pindah ke Lyon belum lama ini. Setelah 18 bulan bersama Arsenal, dia didapuk sebagai kapten meski baru berusia 23 tahun.

Jika menengok perjalanan karier Odegaard di Real Madrid, tampaknya pada saat ini masa depan sangat samar untuknya. Gelandang asal Norwegia itu datang di usia sangat mudah hingga sulit menembus tim utama.

Odegaard sampai harus dipinjamkan ke Heerenveen, Vitesse, Real Sociedad, dan Arsenal untuk mendapatkan menit bermain yang banyak. Setelah menjalani masa pinjaman selama setengah musim di Arsenal, Odegaard balik ke Madrid.

Jaminan untuk bisa dipakai Carlo Ancelotti juga tak ada meski tampil sebanyak 20 kali di Arsenal sejak pertengahan musim 2020/2021. Meriam London kemudian datang untuk membeli Odegaard, tak meminjam lagi.

Manajer Mikel Arteta sangat mengandalkan Odegaard di musim 2021/2022. Hal itu terlihat dengan jumlah penampilan sebanyak 40 kali di semua ajang.

Odegaard langsung dipercaya oleh Arteta sebagai kapten untuk memimpin rekan-rekannya dalam mengarungi musim 2022/2023. Selama pramusim Arsenal juga meraih hasil manis dan memunculkan ekspektasi tinggi.

"Musim ini kami memiliki kesempatan untuk melakukannya dengan cara yang saya yakin bisa berhasil. Martin telah bersama kami selama 18 bulan, dan menurut saya adalah pemain yang mewakili nilai-nilai klub ini dengan cara yang sempurna," kata Arteta terkait mempercayain Odegaard sebagai kapten.

"Dia sangat dihormati oleh semua orang di sekitar tim, dia dikagumi oleh semua staf, dia memiliki pengalaman meskipun dia berusia 23 tahun, dia telah melakukannya untuk tim nasional. Dia memiliki gairah tentang permainan yang diperlihatkan setiap hari dan cara dia bermain."

"Jadi, saya sangat senang memiliki seseorang seperti dia dan dia ada di dalamnya. Dia menikmati tanggung jawab itu dan dia akan membutuhkan dukungan, tetapi yang pasti itu adalah hal yang besar untuknya juga," Arteta menegaskan.

Kepemimpinan Odegaard di Arsenal akan diuji pada laga pembuka Liga Inggris melawan Crystal Palace. Duel berlangsung di Selhurst Park Stadium, Sabtu (6/8/2022) dini hari WIB.

(ran/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT