ADVERTISEMENT

Erik ten Hag Ngomong Begini, Akui Salah Strategi?

Kris Fathoni W - Sepakbola
Senin, 08 Agu 2022 08:00 WIB
Jakarta -

Manajer Manchester United Erik ten Hag terindikasi mengakui kekalahan 1-2 saat menjamu Brighton tak lepas dari kesalahannya memasang strategi di babak pertama.

Dengan cederanya Anthony Martial, yang rutin tampil jadi ujung tombak di laga-laga pramusim Setan Merah, Erik ten Hag memasang Christian Eriksen sebagai false nine dalam starting XI lawan Brighton, Minggu (7/8) malam WIB.

Di saat bersamaan, Cristiano Ronaldo duduk di bangku cadangan dan baru masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua. Pada saat itu Man United sudah ketinggalan dua gol.

Pada prosesnya gol bunuh diri dari Alexis Mac Allister, menyusul kemelut di depan gawang Brighton, menjadi satu-satunya respons Manchester United. Erik ten Hag pun menandai debutnya di Premier League dengan kekalahan.

Komentar Erik ten Hag usai MU kalah

Sebelum kick-off melawan Brighton, Erik ten Hag menjelaskan keputusannya Ronaldo ada di bench adalah karena megabintang asal Portugal itu baru main 45 menit di laga pramusim -- lawan Rayo Vallecano pekan lalu. Walaupun Manchester United tak punya lagi stok ujung tombak selepas cederanya Martial, Ronaldo belum siap jadi starter.

Namun, selepas pertandingan lawan Brighton, Erik ten Hag mengakui bahwa masuknya Ronaldo di babak kedua sudah memberikan dampak yang positif.

"Dapat dilihat dengan jelas bahwa di babak kedua kami lebih baik dengan adanya Eriksen turun dan Ronaldo naik," kata ten Hag seperti dilansir Mirror.

"Kami mulai membuat peluang dan (Marcus Rashford) punya dua peluang bagus. Sayang sekali kami tidak bikin gol."

Di sisi lain, Erik ten Hag tetap bersikeras bahwa keputusannya meninggalkan Ronaldo di bangku cadangan sudah tepat karena pemain bersangkutan belum siap main sedari awal.

"Jika ia (Martial) tersedia, saya akan memainkannya. Cristiano Ronaldo baru 10 hari dalam latihan bersama tim, masih terlalu singkat untuk main 90 menit. Itu alasan kami tidak menurunkannya sedari awal."

(krs/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT